androidvodic.com

Momen Adisak Toyor Doan Van Hau di Final Piala AFF 2022: Hasil Thailand 1-0 Vietnam di Babak Pertama - News

News - Ada sejumlah momen menarik yang mewarnai hasil babak pertama final Piala AFF 2022 leg kedua antara Thailand vs Vietnam di Thammasat Stadium, Senin (16/1/2023) malam WIB.

Satu di antaranya aksi 'toyor' yang dilakukan striker Thailand, Adisak Kraisorn, kepada pemain bertahan Vietnam, Doan van Hau.

Insiden dimulai saat terjadi pelanggaran yang dilakukan Sasalak Haiprakhon kepada pemain Vietnam.

Protes keras dilakukan pemain Vietnam kepada pengadil pertandingan meminta untuk memberikan kartu kepada Sasalak.

Baca juga: Kado Perpisahan Terindah Vietnam dengan Park Hang-seo Bernama Gelar Juara Piala AFF 2022

Doan van Hau menjadi pemain Vietnam yang melakukan protes keras tersebut.  Hasilnya, tensi meninggi yang mengakibatkan adu mulut yang dilakukan pemain kedua tim.

Uniknya, ketika Doan van Hau melakukan protes keras kepada wasit, Adisak yang berlari dari belakang langsung menoyor pundak Van Hau.

Hampir saja kedua pemain terlibat perselisihan intens. Namun untungnya ada pemain dari Vietnam yang lekas melerai keduanya.

Doan Van Hau memang dikenal sebagai pemain yang kerap memancing emosi lawan. Salah stau yang diingat publik Indonesia di Piala AFF 2022 ini ialah pelanggaran keras terhadap Dendi Sulistyawan di babak semifinal lalu.

Aksi bek kiri Vietnam, Doan van Hau dalam laga melawan Malaysia di babak penyisihan Grup B Piala AFF 2022, Selasa (27/12/2022).
Aksi bek kiri Vietnam, Doan van Hau dalam laga melawan Malaysia di babak penyisihan Grup B Piala AFF 2022, Selasa (27/12/2022). (Instagram @doanvanhau_1904)

Doan pun menjadi 'publik enemy' bagi Indonesia.

Nampaknya permainan keras dan aksinya yang mengundanfg emosi lawan dan suporter belum bisa lepas dari sang pemain.

Bahkan setelah terlibat konflik dengan Adisak, Van Hau memicu emosi suporter tuan rumah.

Saat itu Van Hau berhasil mengamankan daerahnya dari serangan lawan. Namun setelah bola meninggalkan lapangan, dia menendang si kulit bundar sekeras-kerasnya terhadap papan pembatas.

Ini mengundang reaksi dari suporter Tim Gajah Perang. Tertangkap kamera, sejumlah suporter memberikan teriakan kepada bek kiri The Golden Star Warriors tersebut.

Terlepas dari itu, hingga babak pertama usai, Thailand berhasil memimpin 1-0 (agg 3-2).

Gol Theerathon Bunmathandi menit ke-24 dari jarak jauh membawa skuad asuhan Mano Polking memimpin.

Andai skor ini terjaga hingga laga usai, sudah cukup untuk membawa Thailand merengkuh gelar juara Piala AFF 2022.

Pasalnya pada leg pertama final Piala AFF 2022 di kandang Vietnam, Thailand berhasil meraih skor 2-2. Jumat (13/1/2023).

Nama Theerathon Bunmathan diprediksi kuat menjadi MVP pada Piala AFF 2022 kali ini lantaran performa ciamik yang diperlihatkan sang il capitano.

(News/Giri)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat