androidvodic.com

Persib, Persija, dan PSM Makassar Menang Terus, Efek Liga 1 Tanpa Degradasi? - News

Persib, Persija, dan PSM Makassar Menang Terus, Efek Liga 1 Tanpa Degradasi?

News - Keputusan operator Liga 1 meniadakan sistem degradasi pada komeptisi 2022 ini dinilai mulai menunjukkan dampak negatif.

Liga 1 dianggap mulai menunjukkan ketiadaan kompetisi lantaran tidak ada ancaman degradasi yang membuat klub bisa turun kasta ke Liga 2.

Ulasan dari BolaNas menyebut, lantaran itu Persib Bandung, Persija Jakarta, PSM Makassar seperti tak mendapat perlawanan dan terus-terusan menang.

Baca juga: Jadwal Liga 1 Pekan ke-23, Persib Ditantang Bali United, Persita vs Persija, PSM vs Barito

Baca juga: Daftar 10 Pelatih yang Didepak Klub di Liga 1 2022: Juru Latih Persib Hingga Arema FC Jadi Korban

Trio pemuncak klasemen Liga 1 2022/23 tampak meninggalkan pesaing untuk berebut tangga juara di akhir musim.

Masalahnya, perjalanan Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar seakan dimudahkan jalannya oleh PSSI untuk melaju kencang.

PSSI mengambil keputusan kontroversial dengan meniadakan degradasi, sebagai buntut pembubaran Liga 2, pada 12 Januari silam.

Baca juga: Thomas Doll vs Shin Tae-yong Memanas, Persija Cuma Lepas 3 Pemain, STY Singgung Permintaan Presiden

Pemain Persib Bandung vs Persija Jakarta dalam pertandinga Liga 1 2023 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Rabu (11/1/2023). Persib Bandung memenangkan pertandingan dengan skor (1-0). TRIBUN JABAR/DENI DENASWARA
Pemain Persib Bandung vs Persija Jakarta dalam pertandinga Liga 1 2023 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Rabu (11/1/2023). Persib Bandung memenangkan pertandingan dengan skor (1-0). TRIBUN JABAR/DENI DENASWARA (TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/DNA)

Ketiadaan degradasi berpotensi membuat klub papan bawah tak memiliki motivasi untuk bertanding.

Dampak negatifnya, laga melawan klub papan bawah bakal mudah terprediksi, yaitu mereka tak punya alasan untuk memberi perlawanan.

Realita dalam beberapa pekan terakhir mengatakan demikian.

Persib Bandung terakhir kali kehilangan poin melawan Persikabo 1973 pada pekan ke-17, atau sebelum keputusan peniadaan degradasi diambil.

Baca juga: Persib Belum Kalah-Kalah di Liga 1, Luis Milla Menuju Rekor Baru di Indonesia

Para pesepak bola Persija Jakarta melakukan sesi latihan terbuka di Nirwana Park Sawangan yang berlokasi di Bojongsari Baru, Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (4/1/2023). Latihan perdana Persija Jakarta di awal tahun 2023 ini dalam rangka persiapan menghadapi laga lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 melawan PSS Sleman dan laga tunda melawan Persib Bandung. WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Para pesepak bola Persija Jakarta melakukan sesi latihan terbuka di Nirwana Park Sawangan yang berlokasi di Bojongsari Baru, Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (4/1/2023). Latihan perdana Persija Jakarta di awal tahun 2023 ini dalam rangka persiapan menghadapi laga lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 melawan PSS Sleman dan laga tunda melawan Persib Bandung. WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA (WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA)

Persija Jakarta juga demikian, dengan kekalahan terakhir didapat dari Persis Solo pada 14 Januari (dua hari setelah keputusan).

PSM Makassar juga menikmati laju mulus serupa, yaitu kehilangan poin terakhir terjadi saat melawan Barito Putera (10 Januari, sebelum keputusan).

PSM hanya tersandung ketika menghadapi sesama klub papan atas, yaitu melawan Bali United (imbang 2-2) dan Persija Jakarta (kalah 2-4).

Baca juga: Hujan 9 Kartu Kuning dan 2 Kartu Merah Saat PSM Bekap Arema, Tavares: Wasit Bikin Kacau Pertandingan

Para pesepak bola PSM Makassar berfoto jelang sepak mula laga lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 antara Borneo FC Samarinda melawan PSM Makassar di Stadion Sultan Agung, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (23/12/2022) malam. Pertandingan tersebut berakhir imbang dengan skor 1-1 (0-0). TRIBUNNEWS/JEPRIMA
Para pesepak bola PSM Makassar berfoto jelang sepak mula laga lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 antara Borneo FC Samarinda melawan PSM Makassar di Stadion Sultan Agung, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (23/12/2022) malam. Pertandingan tersebut berakhir imbang dengan skor 1-1 (0-0). TRIBUNNEWS/JEPRIMA (TRIBUNNEWS/JEPRIMA)

Baca juga: Jadwal Liga 1 Pekan ke-23, Persib Ditantang Bali United, Persita vs Persija, PSM vs Barito

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat