androidvodic.com

Raja Sapta Oktohari Turut Kecewa Atas Pembatalan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 - News

Laporan Wartawan News, Abdul Majid

News, JAKARTA – Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari mengaku turut sedih dan kecewa atas batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Ia pun berharap hal itu tak terjadi lagi di ajang-ajang olahraga berikutnya.

Seperti diketahui, Indonesia secara resmi tak menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 usai FIFA mencabutnya pada Rabu (29/3/2023).

Keputusan itu diambil FIFA salah satunya karena faktor keamanan di mana muncul protes terhadap hadirnya Timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023.

“Kita semua merasa sedih, merasa kecewa, akhirnya tidak bisa menyaksikan anak Indonesia di Piala Dunia U-20 bertanding, untuk menciptakan suasana kebahagiaan dari keolahragaan sepakbola di Indonesia,” kata Okto usai acara buka bersama dengan para pengurus cabang olahraga di Ritz Carlton, Pacific Place, Jumat (31/3/2023).

“Tetapi tentunya ini sebuah tantangan yang harus kita hadapi, sama-sama sadari, bahwa ini jangan sampai, ini telah menjadi preseden, dan jangan sampai terjadi lagi,” sambungnya.

Okto pun berharap kejadian ini menjadi pembelajaran khususnya jangan lagi mencampuradukan olahraga dengan politik.

Menurutnya olahraga merupakan ranah untuk mempersatukan bangsa bukan untuk memecah belah bangsa.

“Mudah-mudahan para stakeholder, para pengambil kebijakan, bisa melihat bahwa Indonesia terlalu besar untuk dikecilkan melalui olahraga. Olahraga harus tanpa politik, olahraga harus menjadi alat persatuan, bukan jadi alat pecah belah,” harap Okto.

Lebih lanjut, Okto menyampaikan untuk persiapan ANOC World Beach Games (AWBG) yang akan digelar di Pulau Dewata, 5-12 Agustus 2023 masih terus berjalan.

“Persiapan AWBG masih berjalan, proses kualifikasi pun masih berjalan, tetapi banyak berita-berita yang saya terima, maupun ke website resmi dari ANOC WBG, tentunya semua kita hadapi dan sikapi, sebagai masukan, dan mudah-mudahan kita tetap dipercaya sebagai tuan rumah demi menggelar second AWBG,” kata Okto.

“Dan juga siap menerima kedatangan 206 negara tamu yang akan hadir dalam kongres atau General Assembly dari Asosiasi Komite Nasional Olimpiade yang akan diselenggarakan di Indonesia,” jelasnya.

Seperti diketahui, AWBG ini diikuti 1.500 atlet dan 1.400 ofisial yang berasal lebih dari 100 negara. Ini juga jadi ajang olahraga pantai dan air terakbar dengan hadirnya perwakilan dari 205 NOC serta 36 International Federation di seluruh dunia.

Selain itu, para petinggi organisasi internasional olahraga juga akan hadir di antaranya pimpinan IOC, OCA, WADA, hingga CAS pada General Assembly yang digelar 13-15 Agustus di Bali.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat