androidvodic.com

Sampai Kapan Liga 1 Tanpa Suporter Tim Tamu? Erick Thohir: Sampai FIFA Nilai Kita Aman - News

Sampai Kapan Liga 1 Tanpa Suporter Tim Tamu? Erick Thohir: Sampai FIFA Nilai Kita Aman

Laporan Wartawan News, Alfarizy AF

TRIBUNNES.COM, JAKARTA - Operator Kompetisi Liga, PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah mengeluarkan edaran soal pelarangan penonton tim tamu di Liga 1 2023/24.

Hal tersebut dikarenakan saat ini Indonesia masih dalam tahap transformasi sepakbola seusai Tragedi Kanjuruhan, 1 Oktober tahun lalu.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, belum bisa menjamin sampai kapan suatu pertandingan tanpa ada suporter tim tamu di Liga 1.

Baca juga: Erick Thohir Sentil Liga 1: Tak Mungkin Liga Berkembang Kalau Skor Akhir Ketahuan Duluan

"Ada kesepakatan antara LIB & polisi kenapa jadwalnya terprediksi, urusannya keselamatan. Ini ada di surat FIFA," ujar Erick Thohir, Kamis (16/5/2023).

"Kalau ditanya tahun ini kami hanya akan pertandingan dengan suporter tuan rumah, sampai kapan? Ya sampai FIFA lihat kita baik. Karena bagi FIFA, keselamatan manusia adalah prioritas," jelasnya.

Seperti diketahui, jadwal pertandingan Liga 1 2023/24 juga akan berlangsung di hari Jumat, Sabtu dan Minggu, pada setiap pekannya.

Khusus pertandingan, PT LIB telah menetapkan waktu kick-off hanya akan dilakukan pada pukul 15.00 WIB dan 19.00 WIB.

"Artinya kalau liga bergulir, makanya Jumat-Minggu, ini untuk memastikan suporter pulang ke rumah dengan selamat dan kendaraan umumnya ada," ujar Erick.

Penampakan tribun 12 (kanan) dan 13 (kiri) Stadion Kanjuruhan pascakerusuhan yang menelan banyak korban jiwa, di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (4/10/2022). Sejumlah saksi mata mengatakan, tribun ini menjadi saksi bisu banyaknya korban suporter Aremania yang meninggal dunia usai laga sepak bola Liga 1 antara Arema FC kontra Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) malam. SURYA/PURWANTO
Penampakan tribun 12 (kanan) dan 13 (kiri) Stadion Kanjuruhan pascakerusuhan yang menelan banyak korban jiwa, di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (4/10/2022). Sejumlah saksi mata mengatakan, tribun ini menjadi saksi bisu banyaknya korban suporter Aremania yang meninggal dunia usai laga sepak bola Liga 1 antara Arema FC kontra Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) malam. SURYA/PURWANTO (SURYA/PURWANTO)

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat sebagi Menteri BUMN itu berharap agar para suporter klub bisa lebih bijak dalam mendukung tim kesayangannya.

PSSI pun berencana menggandeng PT LIB untuk mengadakan jambore suporter di Indonesia.

"Ini ada harapan FIFA kepada Indonesia sebagai negara dengan penduduk banyak suka bola. Cuma kalau tidak mendisiplinkan diri, saya angkat bendera putih juga," ujar Erick.

"Karena itu PSSI sedang siapkan program bagaimana jambore suporter, kegiatan antar suporter bareng LIB," imbuhnya.

(M39)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat