androidvodic.com

Gegara Pelanggaran di Masa Lalu, Osasuna Dilarang Tampil di Liga Konferensi Eropa Musim Depan - News

News - Osasuna dilarang bermain di Liga Konferensi Eropa untuk musim depan meski musim lalu finis di urutan ketujuh klasemen Liga Spanyol.

Osasuna dikeluarkan oleh UEFA dari kompetisi tersebut setelah ditemukannya pelanggaran serius terkait skandal pengaturan skor, pada satu dekade lalu.

"Komite Banding UEFA hari ini telah membuat keputusan untuk mengeluarkan Club Atletico Osasuna dari Liga Konferensi 2023-2024," ungkap Osasuna melalui laman resminya.

Bulan lalu, Komite Kontrol, Etika, dan Disiplin UEFA merekomendasikan agar Osasuna dilarang mengikuti Liga Konferensi Eropa musim depan.

Menurut Football Espana, ini terjadi setelah penyelidikan atas kasus pengaturan pertandingan yang terjadi antara 2012 dan 2014.

Baca juga: Sorotan Liga Spanyol: Gracias Benzema, Ancelotti Kirim Kode Real Madrid Shopping Gede-gedean

Anggota dewan Los Rojillos dari masa itu dinyatakan bersalah awal tahun ini. Namun, UEFA juga mencari tahu apakah klub itu sendiri juga terlibat.

Investigasi pengaturan skor menyimpulkan Osasuna bersalah atas pelanggaran tersebut dan UEFA melarang klub tersebut tampil di kompetisi Eropa musim depan.

Klub asal Basque itu telah mengajukan banding atas keputusan tersebut, tetapi sekarang ditolak, yang artinya Osasuna tetap tak bisa tampil di Liga Konferensi 2023/2024.

Osasuna masih bisa membawa kasus mereka ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) dan mereka mengisyaratkan akan melakukannya.

"Klub Atlético Osasuna akan terus mengerahkan semua instrumen hukum yang dimilikinya untuk melawan UEFA dan mengakhiri apa yang dianggap sebagai pelanggaran serius atas haknya," jelas pihak klub.

Para pemain Osasuna bereaksi pada akhir pertandingan sepak bola final Copa del Rey (Piala Raja) Spanyol antara Real Madrid CF dan CA Osasuna di stadion La Cartuja di Seville pada 6 Mei 2023. CRISTINA QUICLER /AFP
Para pemain Osasuna bereaksi pada akhir pertandingan sepak bola final Copa del Rey (Piala Raja) Spanyol antara Real Madrid CF dan CA Osasuna di stadion La Cartuja di Seville pada 6 Mei 2023. CRISTINA QUICLER /AFP (CRISTINA QUICLER /AFP)

Baca juga: Hasil Real Madrid vs Osasuna: Rodrygo Ukir Rekor Langka di Final Copa del Rey, El Real Juara

Resolusi CAS akan mengikat untuk posisi yang diadopsi oleh UEFA. Jika ini terjadi sebelum 7 Agustus, tanggal pengundian playoff, tidak akan ada perubahan dan LaLiga akan mendapat tempat di Konferensi.

Namun jika gagal mendukung Osasuna, maka posisi mereka di kompetisi kasta ketiga level Eropa itu akan digantikan oleh Athletico Bilbao yang finis di delapan klasemen LaLiga di bawah Osasuna.

Sedangkan jika pengumuman CAS lewat dari 7 Agustus, ada risiko tim Laliga akan kehilangan tempat.

Dalam hal ini, Athletic bisa tidak menjadi alternatif dan keputusan akan dikembalikan ke rival Osasuna dalam undian, yang akan berlanjut ke babak penyisihan grup.

CA Osasuna
CA Osasuna ()

(News/Tio)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat