androidvodic.com

Ada Pungli Saat Seleksi Wasit Liga 1, Akmal Marhali: Ini Momentum Erick Thohir Beres-beres - News

Ada Pungli Saat Seleksi Wasit Liga 1, Akmal Marhali: Ini Momentum Erick Thohir Beres-beres

 
Laporan Wartawan News, Abdul Majid

News, JAKARTA – Koordinator Save Our Soccer (SOS), Akmal Marhali membeberkan bahwa seleksi wasit yang memimpin Liga 1 2023/2024 ternyata diwarnai adanya pungutan liar (pungli).

Para wasit peserta yang mengikuti seleksi wasit dikatakannya dimintai sejumlah uang untuk bisa lolos dan memimpin pertandingan Liga 1 2023/2024.

Akmal menceritakan dirinya mendapatkan kabar tersebut langsung dari wasit-wasit yang menjadi peserta di dalamnya.

Baca juga: Kinerja Wasit Liga 1 Kembali Disorot, Bos Persebaya Lapor Erick Thohir Seusai Seri Lawan Barito

Baca juga: Fakta PSM Keok dari Dewa United: Ada Aksi Tendang Bokong, Pemain Banyak Jalan, Si Juara Tak Berdaya

“Ya yang pertama mereka telah menyampaikan bahwa telah terjadi pungutan liar (pungli) ketika seleksi, ada yang dimintai Rp 500 ribu bocoran soal, ada paket Rp 1 juta,” kata Akmal saat dihubungi Tribunnews, Selasa (11/7/2023).

“Kemudian saya telisik ternyata ada wasit-wasit yang mendapat nilai 100 untuk tes Law Of The Game (LOTG), padahal ini soal yang sulit. Kalau LOTG 7 wasit Liga 1 dapat 100 (poin) dan lima asisten wasit dapat 100. Berarti pemahaman mereka tentang LOTG ini luar biasa, sementara fakta di Lapangan dua pekan terakhir ini wasit bikin salah padahal LOTG dapat 100,: sambungnya,

Akmal menyebut wasit-wasit yang melapor kepada dirinya mengaku takut apabila bicara ke publik secara langsung.

Untuk itu, Akmal meminta Ketua Umum PSSI, Erick Thohir agar bertindak tegas terkait masalah ini.

Salah satunya membentuk Tim Independen Pencari Fakta GUNA melihat kebenaran kabar yang terjadi dan bisa menjatuhkan sanksi ke siapa saja yang terlibat di dalamnya.

Baca juga: Sorotan Persebaya vs Barito Putera: Tak Ada Penalti Buat Bajul Ijo, Berhias Dua Gol Berkelas 

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir memberikan konfrensi pers di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Jumat (23/6/2023) sore WIB.
Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir memberikan konfrensi pers di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Jumat (23/6/2023) sore WIB. (You Tube PSSI TV)

Sebelumnya, Erick Thohir yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi Wasit bersiap memberikan hukuman larangan beraktifitas selama seumur hidup bagi siapa saja yang melakukan pengaturan skor dan kecurangan lainnya di sepakbola Indonesia.

“Ditambah lagi ada wasit-wati yang bilang, 'Bang saya percaya sama SOS untuk menyampaikan ini dan kami siap untuk ngomong', tapi mereka harus dilindungi karena sebelumnya mereka yang bicara mafia dan sebagainya malah mereka yang di blacklist,” ujar Akmal.

Nah wasit-wasit ini takut. Mereka sebenarnya percaya sama Pak Erick, tapi tapi kalau bicara ke publik dia tidak mau. Oleh karena itu bisa dibentuk tim Independen Pencari Fakta. Ini momentum buat Pak Erick beres-beres kalau kemudian dibiarkan berlarut-larut ini akan menjatuhkan citra Erick Thohir,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Seleksi wasit sejatinya dipimpin langsung dua instruktur dari Jepang yakni Yoshimi Ogawa dan Toshiyugi Nagi hasil kerja sama dengan Japan Football Association (JFA).

Founder Football Institute Budi Setiawan saat menggelar jumpa pers di Jakarta, Minggu (25/6/2023), terkait hasil riset data dan trend penugasan wasit Liga 1 & 2 musim kompetisi 2020 hingga 2022 serta kaitannya dengan hasil seleksi wasit 2023.
Founder Football Institute Budi Setiawan saat menggelar jumpa pers di Jakarta, Minggu (25/6/2023), terkait hasil riset data dan trend penugasan wasit Liga 1 & 2 musim kompetisi 2020 hingga 2022 serta kaitannya dengan hasil seleksi wasit 2023. (Dok. pribadi)

Tapi, untuk teknis di lapangan peran lebih banyak diberikan kepada instruktur lokal yang dipimpin Purwanto sebagai Koordinator dengan anggota Alil Rineggo, Jajat Sudrajat, Agus Haryono, Riswanda, Ayi Daud Dakhiri, Fakhrizal Kahar dab Nurwahid.

Dalam proses seleksi ada sejumlah oknum yang memintakan uang dalam jumlah tertentu sebagai ongkos agar bisa dikatrol untuk lolos.

Tes sendiri terdiri dari tiga kategori yakni Tes Fisik (bobot nilai 60), Tes Law of The Games (LOTG) (bobot nilai 20) dan Tes Video (bobot nilai 20).

Sejumlah wasit mengaku diminta uang Rp 500 ribu bila ingin dibantu bisa dapat bocoran jawaban soal. Atau paket Rp 1 juta buat dibantu lolos tes fisik dan tes LOTG. Ini harus diungkap pelakunya dan diberikan hukuman berat.

Dari hasil tes LOTG, ada lima wasit Liga 1 yang mendapat nilai sempurna 100 (bobot nilai 20). Sementara untuk asisten wasit Liga 1 ada tujuh yang mendapat nilai sempurna. Tes LOTG wasit Liga 2 ada tiga yang nilai sempurna dan dua asisten wasit yang dapat nilai 100. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat