androidvodic.com

Rencana Duo Milan Bangun Ulang Stadion San Siro Resmi Gagal, Bakal Pisah Kandang - News

News - Rencana AC Milan dan Inter Milan untuk membangun ulang Stadion San Siro akhirnya resmi gagal.

Sebuah pengumuman  telah dikeluarkan pada Selasa (8/8/2023) oleh Komisi Regional Lombardy untuk Warisan Budaya yang menegaskan Stadion San Siro tak bisa untuk dihancurkan.

Seperti diketahui, Inter Milan dan AC Milan selama ini menggunakan stadion yang sama meski namanya berbeda.

San Siro untuk kandang AC Milan dan Giuseppe Meazza digunakan untuk nama markas Inter Milan. Keduanya sebelumnya berniat untuk merenovasi San Siro demi mendukung pengembangan klub.

Dua klub Kota Milan itu dalam beberapa tahun telah mengusulkan rencana untuk membangun arena baru, pada dasarnya di tempat parkir mobil stadion saat ini, kemudian merobohkan struktur yang ada.

Namun, mereka menghadapi perlawanan sengit dari otoritas lokal dan beberapa bagian dari Pemerintahan, yang menganggap Stadion Meazza sebagai monumen penting bersejarah.

Baca juga: Kata Stefano Pioli, Lini Tengah AC Milan Sudah Lengkap, Tanggapi Rumor Soal Rade Krunic

Memang sudah ada kabar bahwa kemungkinan akan sulit untuk merobohkan Stadion San Siro lantaran bakal terhalang oleh aturan birokrasi.

Duo Milan ingin membangun ulang stadion itu dan akan merubuhkannya setelah pembukaan Olimpiade Musim dingin 2026 mendatang.

Namun rencana duo Milan itu kini sepenuhnya kandas, lantaran ada undang-undang yang membatasi adanya perubuhan stadion megah di Kota Milan itu.

Ini berhubungan karena nilai budaya dan sejarah di ring kedua stadion.

Pada 2025 nanti, bagian “ring kedua” stadion telah mencapai usia 70 tahun dan menjadikannya memiliki status perlindungan hukum, dan tidak dapat dibongkar setelahnya.

Artinya, Inter dan Milan harus meninggalkan area San Siro di Milan dan membangun arena baru mereka di tempat lain.

Baca juga: Upaya AC Milan Balik Modal setelah Shopping Jor-joran, Lord Iblis Merah Diobral Murah

Sejauh ini, kedua klub telah mengincar tempat yang akan didirikan stadion baru. Milan fokus pada San Donato Milanese, sementara Inter telah memilih sebidang tanah di Rozzano.

Untuk saat ini, kedua rival akan hidup berdampingan di San Siro menunggu perkembangan baru.

Mereka masih harus membayar biaya kepada pemerintah kota Milan yang memiliki stadion tersebut.

Penonton tiba untuk pertandingan sepak bola Serie A Italia antara Inter dan Atalanta pada 27 Mei 2023 di stadion Giuseppe-Meazza (San Siro) di Milan.
GABRIEL BOUYS / AFP
Penonton tiba untuk pertandingan sepak bola Serie A Italia antara Inter dan Atalanta pada 27 Mei 2023 di stadion Giuseppe-Meazza (San Siro) di Milan. GABRIEL BOUYS / AFP (GABRIEL BOUYS / AFP)

(News/Tio)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat