androidvodic.com

PGMOL Rilis Rekaman Suara Wasit Liverpool vs Spurs, Berikut Transkrip Lengkapnya - News

News - Keputusan wasit menjadi sorotan dalam laga Liverpool vs Tottenham di Liga Inggris pada Sabtu (30/9/2023) akhir pekan lalu.

Hal ini terjadi setelah penyerang Kolombia Luis Diaz memasukkan bola ke gawang tetapi dianggap offside.

Kontroversi terjadi setelah Video asisten wasit (VAR) yang menunjukkan Diaz onside gagal menganulir keputusan tersebut.

Menanggapi kejadian tersebut, pihak Liverpool yang tak terima dengan keputusan tersebut menuntut audio komunikasi antara ofisial pertandingan dikemukakan secara transparan.

Hal ini dilakukan Liverpool karena mereka ingin mengetahui apa yang terjadi di VAR setelah wasit membuat keputusan yang salah menganulir gol Luis Diaz.

Baca juga: Penasaran VAR Bisa Salah, Liverpool Minta Audio VAR usai Gol Luis Diaz Dianulir, Integritas Dirusak

PGMOL (Professional Game Match Officials Limited), badan pengatur wasit, akhirnya merilis transkrip pembicaraan antar wasit pada laga tersebut di hari Selasa (3/10/2023) dan mengakui kesalahan signifikan telah dibuat.

Dalam keputusan tersebut, ruangan VAR mengatakan bahwa sebenarnya mereka sadar Luis Diaz memang onside saat mencetak gol.

Namun Darren England yang bertugas sebagai Wasit VAR salah mengira bahwa keputusan di lapangan adalah memberikan gol untuk Diaz.

Karena hal tersebut, dia memberitahu wasit Simon Hooper bahwa pemeriksaan telah selesai dan membenarkan keputusannya yang saat itu tak mengesahkan gol Diaz.

Dalam rekaman audio, asisten VAR terdengar mengatakan, "itu keputusan salah untuk Diaz," yang membuat England kemudian mengucapkan kata kasar saat menyadari kesalahan telah terjadi.

PGMOL yang rilis audio tersebut juga menyatakan kesalahan yang dilakukan kedua ofisial tersebut.

"Kami mengakui standar tidak memenuhi ekspektasi dan mengakui kesalahan tersebut kepada Liverpool segera setelah pertandingan berakhir."

"Laporan terperinci, termasuk pembelajaran kunci dan tindakan segera yang diambil, bersama dengan rekaman audio antara pejabat di lapangan dan tim VAR, telah diserahkan kepada Premier League, yang telah membagikannya dengan Liverpool FC dan kemudian dengan semua klub Premier League lainnya."

Baca juga: Erik ten Hag Bisa Membuat Marah Penggemar Liverpool, Ini Alasannya

Berikut transkrip selengkapnya antara wasit dan VAR dalam laga Liverpool vs Spurs terkait kontroversi anulir gol Luis Diaz:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat