androidvodic.com

Statistik Man City Tanpa Rodri Buruk, Transisi Jadi Kunci Arsenal untuk Raih Kemenangan - News

News - Anggapan Arsenal bisa meraih kemenangan saat melawan Manchester di laga Super Sunday Liga Inggris pada Minggu (8/10/2023) malam bukanlah omong kosong belaka.

Arsenal bisa memanfaatkan kondisi Man City yang tampil tanpa Rodri, gelandang yang sangat digantungkan The Citizens.

Dalam 12 pertandingan Arsenal melawan Manchester City di liga Premier sebelumnya, sebanyak 12 kali pula Arsenal selalu menjadi tim pecundang alias tim yang kalah.

Namun hasil di Emirates Stadium kali ini mungkin akan berbeda. Man City kehilangan Rodri yang harus menjalani hukuman larangan bermain karena kartu merah yang ia dapat saat melawan Nottingham Forest.

Statistik Man City saat tampil tanpa Rodri cukup buruk. Kekalahan 2-1 dari Wolves adalah salah satu contohnya.

Baca juga: Arsenal vs Manchester City: Duel Murid vs Guru, Arteta Melawan Kedigdayaan The Citizens

Rodri hanya melewatkan 15 dari 159 pertandingan Liga Premier yang dimainkan City sejak dia bergabung, jadi sangat kecil peluang bagi mereka untuk terbiasa bermain tanpa dia. Itu terlihat pada akhir pekan lalu.

Saat tumbang dari Wolves, City memiliki penguasaan bola 68 persen namun hanya memiliki sedikit peluang bersih (total 0,87 xG).

Itu adalah pertandingan terakhir yang dilewatkan oleh pemain Spanyol itu, dan City kalah, bahkan jauh dari penampilan terbaik.

Rekor tim asuhan Pep Guardiola dalam pertandingan yang dilewatkan Rodri cukup butuk. Seperti dicatatkan Opta, The Citizens telah kalah 33 persen (lima) dari 15 pertandingan Liga Inggris.

Dibandingkan saat ia bermain, presentase itu naik dua kali lipat lebih, yakni 13,2 persen saat dia bermain.

Presentas kemenangannya 60% saat dia absen, sementara ketika bermain mencapai 74,3%. Tak hanya itu, City kebobolan 1,1 gol per pertandingan tanpa dia dibandingkan dengan 0,8 gol saat dia bermain.

Gelandang Manchester City Rodri (2 kanan) mengajukan banding kepada wasit Inggris Anthony Taylor (kiri) karena mendapat kartu merah selama pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Manchester City dan Nottingham Forest di Stadion Etihad di Manchester, barat laut Inggris, pada 23 September 2023.
Gelandang Manchester City Rodri (2 kanan) mengajukan banding kepada wasit Inggris Anthony Taylor (kiri) karena mendapat kartu merah selama pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Manchester City dan Nottingham Forest di Stadion Etihad di Manchester, barat laut Inggris, pada 23 September 2023. (Oli SCARFF / AFP)

Baca juga: Arsenal vs Man City: Arteta Bisa Andalkan Mantan Lawan, Sulap Gabriel Jesus untuk Isi Posisi Saka

15 pertandingan yang ia lewatkan hanyalah sebuah contoh kecil, namun perbedaan di lapangan begitu mencolok sehingga ketidakhadirannya patut dicatat.

Hal ini jelas membuat perbedaan besar bagi City baik saat menguasai bola maupun saat tidak menguasai bola.

Dengan absennya Rodri, akan lebih mudah bagi Arsenal untuk meraih kemenangan. Tim asuhan Mikel Arteta bisa memberikan ancaman lebih besar pada masa transisi daripada biasanya.

Itu adalah kunci kemenangan Wolves dan juga bisa menjadi krusial dalam pertandingan ini, yang seharusnya bisa ditiru Arteta.

Mantan pemain Inggris yang pernah bermain untuk Arsenal, Adrian Clarke juga menilai, tanpa Rodri bakal mengurangi kekuatan Man City.

"Man City terlihat lebih rentan terhadap pergantian pemain tanpa kehadiran pemain Spanyol yang luar biasa itu," ucap Clarke dikutip dari laman resmi klub.

Duel big match Liga Inggris pekan 8 Arsenal vs Man City akan berlangsung di Emirates Stadium, Minggu (8/10/2023) pukul 22.30 WIB.

(News/Tio)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat