androidvodic.com

Wasit Piala Dunia U-17 2023 Matangkan Penerapan VAR di Lapangan B Senayan - News

Wasit Piala Dunia U-17 2023 Matangkan Penerapan VAR di Lapangan B Senayan

Laporan Wartawan News, Abdul Majid

News, JAKARTA - Pertandingan Piala Dunia U-17 2023 akan menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR).

Penerapan VAR harus dipimpin wasit yang memiliki lisensi khusus.

Wasit-wasit yang akan memimpin pertandingan di Piala Dunia U-17 itu pun terlihat tengah mematangkan persiapan di Lapangan B, Senayan, Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Pantaun Tribunnews, beberapa wasit yang mengenakan jersey biru bertuliskan FIFA berlatih dengan beberapa anak yang tengah memainkan bola.

Mereka berlatih offside, dan gerakan lainnya yang keputusannya bisa dilihat menggunakan VAR.

Sementara wasit lainnya berada di sisi tengah lapangan yang sangat serius menghadap sebuah monitor - tayangan ulang VAR.

Salah satu petugas opersional kamera yang berada di belakang gawang membeberkan ada sekitar 10 kamera dalam sesi latihan ini.

"Iya latihan VAR. Ada sekitar 10  kamera di lapangan," ujar salah seorang operasional kamera  kepada Tribunnews.
Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha mengatakan bahwa teknologi Video Assistant Referee (VAR) bakal dipasang di setiap Venue Piala Dunia U-17.

Selain penerapan alat VAR, wasit-wasit yang akan memimpin pertandingan Piala Dunia U-17 juga sudah mulai berlatih.

“Iya dong (setiap pertandingan pakai VAR-red) sekarang untuk persiapan wasit sendiri sudah dimulai dari FIFA sejak tanggal 4 kemarin. Mereka sudah mulai latihan di lapangan B dan C dengan fasilitas yang kami sediakan dari PSSI bersama dengan pemerintah,” kata Tisha kepada wartawan, Selasa (7/11/2023).

“Ada set up var training, ada set up var simulasi juga di sana. Nantinya di setiap Stadion set upnya yang VAR sudah mulai dari kemarin,” sambungnya.

Pemasangan VAR dikatakan Tisha membuat standar pertandingan meningkat.

Dan sepakbola Indonesia sudah menuju ke sana. Seperti diketahui, penerapan VAR pada kompetisi Liga 1 juga sudah direncanakan.

Rencananya VAR akan mulai diuji coba di Liga 1 pada Februari mendatang.

“Jadi kita harapkan mohon doanya semua teman-teman ini, turnamen ini begitu makin bergulir kita baru tahu sebegitu besarnya dan standar kualitasnya memang tinggi dan kita sepak bola Indonesia sudah menuju ke sana,” terangnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat