androidvodic.com

Daftar Negara Lolos Euro 2024: Kroasia Isi Kuota Terakhir dari Jalur Kualifikasi, Tiga Slot Tersisa - News

News - Timnas Kroasia akhirnya memastikan satu tiket ke putaran final Euro 2024 setelah mengalahkan Armenia, Rabu (22/11/2023).

Krosia mengalahkan Armenia dengan skor tipis 1-0. Gol semata wayang dari Ante Budimir membuat mereka merebut satu tempat di Euro 2024.

Duel Kroasia vs Armenia ini menjadi krusial karena negara Luca Modric ini wajib menang lantaran mereka juga bersaing dengan Wales untuk lolos dari grup D.

Adapun di laga lain yang dilakoni Wales, mereka justru meraih hasil imbang 1-1 saat melawan Turki.

Wales sebenarnya mampu unggul cepat di menit 7', sayang di babak kedua mereka dihukum lewat gol penalti Yusuf Yazici pada menit 70'.

Baca juga: Menang Rasa Kalah, Spanyol Terpukul Cedera Parah Gavi di Kualifikasi Euro 2024, Barca Ikut Merana

Dengan hasil ini, Kroasia menemani Timnas Turki yang lolos dari grup D. Hasil klasemen di grup D, menempatkan Turki sebagai pemuncak juara grup dengan 17 poin, lalu Kroasia 16 poin.

Adapun Wales hanya mengumpulkan 12 poin saja, diikutip Armenia delapan poin dan juru kunci Latvia.

Dengan demikian, sudah ada 21 tim yang lolos ke Euro 2024, yakni 20 dari jalur kualifikasi, serta tim tuan rumah Jerman.

3 Slot Tersisa

Masih ada tiga slot yang masih kosong untuk melengkapi 24 kuota tim. Tiga tim terakhir akan ditentukan melalui babak babak play-off yang dipengaruhi oleh performa tim di UEFA Nations League 2023/2024.

Dua belas tim dipilih berdasarkan penampilan mereka di Nations League 2022/23 – yang merupakan juara grup Liga A, B, dan C, namun jika sudah lolos mereka akan digantikan oleh tim dengan peringkat terbaik berikutnya di liga mereka.

12 negara akan dibagi ke dalam tiga pot berbeda dan akan bertanding pada 21 dan 26 Maret 2024 dalam sistem gugur demi menggapai tiket ke Jerman.

Mengutip laman EUFA, empat slot play-off dialokasikan untuk setiap liga dari Liga C hingga Liga A dalam urutan abjad terbalik.

Jika kurang dari empat tim dari satu liga memasuki babak play-off, slot pertama yang tersedia dialokasikan kepada pemenang grup dengan peringkat terbaik Liga D, Estonia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat