androidvodic.com

Berebut 3 Tiket Tersisa EURO 2024, 12 Negara akan Mengadu Nasib di Play-off, Panas di Path A - News

Berebut 3 Tiket Tersisa EURO 2024, 12 Negara akan Mengadu Nasib di Play-off, Panas di Path A

News- Sebanyak 12 negara akan mengadu nasib lewat jalur babak play-off Euro 2024. Ke-12 peserta itu akan memperebutkan tiga jatah tersisa untuk mentas pada putaran final Euro 2024 di Jerman.

Mereka tersebar ke dalam tiga jalur turnamen mini (Path A, B, C). Masing-masing Path diisi empat negara yang bertanding menggunakan format semifinal hingga final dalam pertandingan satu leg. Pemenang final di setiap Path itulah yang akan maju ke Piala Eropa tahun depan.

Para pejuang tersisa di tahap eliminasi terakhir ini tidak ditentukan berdasarkan posisinya pada fase grup kualifikasi. Mereka diklasifikasikan menurut kinerja di UEFA Nations League 2022-2023.

Baca juga: Luciano Spalletti Buka Suara Tanggapi Kontroversi Kelolosan Italia ke Euro 2024

Para juara grup di Liga A, B, dan C pada kompetisi tersebut memegang jatah ke play-off. Namun, apabila tim bersangkutan sudah dipastikan lolos melalui jalur Kualifikasi Euro 2024, jatah play-off akan diberikan kepada tim terbaik berikutnya dalam tabel peringkat keseluruhan UEFA Nations League.

Regulasi itu pula yang memungkinkan timnas Estonia berhak mendapat tiket play-off sebagai juara grup terbaik dari Liga D, liga lapis terendah di UEFA Nations League.

Dalam hasil undian, tim peringkat 118 dunia - terlemah di antara peserta play-off - ini dipasangkan dengan salah satu tim favorit, timnas Polandia.

Robert Lewandowski cs terpaksa menempuh play-off karena kalah saing dari Albania dan Rep Ceska di Grup E kualifikasi. Bersama Estonia, mereka tergabung di Path A dan akan melakoni bentrokan pada 21 Maret 2024.

Baca juga: Comeback Dahsyat Calvin Stengs saat Belanda Tenggelamkan Gibraltar 6-0, Daftar 21 Peserta Euro 2024

Satu partai semifinal lainnya di jalur ini adalah Wales vs Finlandia. Adapun partai final Path A akan digelar di markas tim pemenang duel Wales vs Finlandia (di Cardiff atau Helsinki).

Beralih ke Path B, semifinal 1 mempertemukan Bosnia-Herzegovina dengan Ukraina. Di semifinal 2, timnas Israel akan menghadapi Islandia.

Jika sama-sama berhasil menyingkirkan musuhnya, Israel berpeluang bertemu Ukraina, dua negara yang sedang terlibat konflik militer dengan lawan politik masing-masing.

Akibat krisis di Gaza, Israel tak bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri seandainya nanti lolos ke final play-off.

Baca juga: Luka Modric Makin Fantastik, Kroasia Akhirnya Lolos ke Euro 2024, Modric Bintang Lapangan

Terakhir di Path C, keempat tim yang berjuang jalur ini adalah para kontestan Liga C atau lapis ketiga di UEFA Nations League.

Timnas Georgia yang diperkuat Pemain Terbaik Serie A musim lalu, Khvicha Kvaratskhelia, dipasangkan dengan negara mini yang makin ke sini makin mengejutkan, Luksemburg. Satu laga lain mempertemukan kampiun Euro 2004, Yunani, dengan Kazakstan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat