androidvodic.com

Peluang Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023 jika Kalah dari Jepang, Menanti Keajaiban - News

News - Sejumlah skenario muncul mengiringi usaha Timnas Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Indonesia dan Jepang yang sama-sama mengemas tiga poin di grup D Piala Asia 2023, akan berebut tiket untuk bisa lolos ke 16 besar pada Selasa (24/1/2024) malam di Al Thumama Stadium.

Hasil imbang sudah cukup membuat Jepang lolos, namun bagi Indonesia seri belum tentu membuat mereka lolos karena juga mesti bergantung pada hasil tim lain.

Indonesia sejatinya bisa lolos otomatis sebelum bertanding melawan Jepang. Namun hal itu kini pupus seiring dengan kemenangan yang diraih Suriah dan Palestina.

Skuad Garuda pun kini harus menggantungkan nasib di tangan sendiri untuk lolos ke babak selanjutnya, yakni dengan meraih hasil minimal imbang atau bahkan menang saat melawan Jepang.

Meski begitu, itu bukanlah satu-satunya. Ada situasi lainnya yang bisa membuat Indonesia bisa tetap melaju ke fase gugur.

Sekalipun Indonesia kalah dari Jepang pada matchday terakhir grup D, tim asuhan Shin Tae-yong juga masih berpeluang untuk bisa lolos ke 16 besar.

Perlu diketahui, jalur pertama Timnas Indonesia lolos 16 besar yakni dengan menyegel posisi runner-up, syaratnya mengalahkan Jepang di matchday terakhir.

Sementara jalur kedua Timnas Indonesia lolos 16 besar yakni lewat sistem peringkat tiga terbaik klasemen, yang akan meloloskan empat tim dari jalur ini.

Di klasemen tiga terbaik ini, Indonesia yang kini memiliki tiga poin menempati urutan keempat, batas zona kelolosan.

Baca juga: Bocorkan Kekuatan Timnas Indonesia ke Media Jepang, Taisei Marukawa Sebut Nama Marselino dan Arhan

Di atas Indonesia ada Suriah dan Palestina yang mengemas empat poin, dan Bahrain di posisi ketiga yang mengemas tiga poin sama dengan Indonesia.

Apabila Timnas Indonesia kalah dari Jepang, maka ada skenario lain untuk tetap masuk 4 besar klasemen peringkat 3 terbaik.

Skenario itu adalah Timnas Indonesia berharap laga terakhir Bahrain dan Oman meraih imbang atau kalah.

Kekalahan Bahrain dari Yordania juga bisa membuka peluang Indonesia melaju ke 16 besar. Dalam hal ini selisih gol akan menjadi perhitungan.

Skuad Timnas Indonesia sebelum bertanding melawan Vietnam dalam Piala Asia 2023
Skuad Timnas Indonesia sebelum bertanding melawan Vietnam dalam Piala Asia 2023 (pssi.org)

Baca juga: Cerita Shin Tae-yong Melawan Tim Samurai Biru, Pengalaman Jadi Modal Tatap Laga Indonesia vs Jepang

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat