androidvodic.com

Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Gabung Klub Liga 1 Thailand, Port FC - News

News - Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam resmi gabung dengan klub Thailand, Port FC.

Hal itu diungkapkan oleh official resmi klub melalui media sosial Instagram pada Jumat (26/1/2024) siang.

"Resmi: Kesepakatan besar telah berakhir! Port mengumumkan akuisisi Asnawi kapten Timnas Indonesia," buka pernyataan klub yang bermain di kasta tertinggi sepak bola Thailand (Thai League) tersebut.

Asnawi Mangkualam bakal mengarungi putaran kedua Liga Thailand bersama Port FC setelah masa baktinya dengan klub Korea Selatan, Jeonnam Dragons berakhir pada awal Januari lalu.

Bek Indonesia #14 Asnawi Mangkualam melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama timnya dari titik penalti pada pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Vietnam dan Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha pada 19 Januari 2024.
Bek Indonesia #14 Asnawi Mangkualam melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama timnya dari titik penalti pada pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Vietnam dan Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha pada 19 Januari 2024. (KARIM JAAFAR / AFP)

Mantan pemain PSM Makassar itu akan memenuhi slot kuota pemain ASEAN dari regulasi Thai League.

"Port FC menutup kesepakatan penting di akhir bursa transfer pemain setelah mengakuisisi bek kanan Asnawi Mangkualam, kapten tim nasional Indonesia untuk bergabung dengan tim bertarung di leg kedua musim 2023/2024 sebagai kuota ASEAN," tulis Port FC.

Port FC yang kini berada di jalur persaingan juara dengan Bangkok United dan Buriram United telah memantau bagaimana karier Asnawi.

Mulai dari perjalanan ke Korea Selatan bergabung dengan Ansan Greeners hingga penampilan terbaru saat mencetak satu gol ke gawang Vietnam di ajang Piala Asia 2023.

"Bintang sepak bola berusia 24 tahun ini baru saja membantu Indonesia melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023 untuk pertama kalinya setelah ia mencetak gol penting untuk membantu tim mengalahkan Vietnam 1-0 di babak penyisihan grup," lanjut informasi klub.

"Sebelum habis masa kontraknya dengan Jeonnam Dragons (tim di liga kedua Korea Selatan) dan memutuskan pindah merumput di Liga Thailand untuk pertama kalinya bersama Singhao Tha."

Baca juga: Kata Asnawi setelah Jadi Pahlawan Kemenangan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Asnawi Mangkualam menjadi pemain Indonesia kedua yang bermain untuk Port FC setelah Terens Puhiri.

"Ia merupakan pemain berkebangsaan Indonesia ke-2 dalam sejarah klub, setelah Terens Puhiri yang pernah merumput bersama tim asal Ruter tersebut," pungkas Port FC.

Kiprah Asnawi mangkualam

Asnawi Mangkualam abroad ke Negeri Ginseng Korea Selatan pada tahun 2021 bergabung dengan klub Liga 2 Ansan Greeners.

Setelah dua musim, Asnawi dipinjamkan ke klub Jeonnam Dragons dan menjadi satu di antara pemain utama selama kompetisi.

Anak dari Bahar Muharram yang merupakan legenda PSM Makassar itu tampil dalam 27 pertandingan di semua ajang

Jika ditotal secara keseluruhan, Asnawi Mangkualam telah memainkan 66 pertandingan di Liga 2 Korea Selatan dengan catatan 2 gol dan 5 assist.

Sementara di Timnas Indonesia, namanya telah malang melintang di berbagai kelompok usia, mulai dari U16, U19, U23, hingga senior.

Asnawi belakangan juga menjadi bagian dari 'proyek' Shin Tae-yong dalam membangun pondasi Timnas Indonesia hingga kini mampu membawa Garuda lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

(News/Sina)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat