androidvodic.com

4 Pemain Andalan Shin Tae-yong di Piala Asia U23: Marselino Ferdinan, Ivar Jenner hingga Justin - News

News - Sejarah sepak bola Indonesia di level Asia telah berlalu untuk level senior dengan melaju ke babak 16 besar untuk kali pertama di Qatar kemarin.

Setelah itu, kini tiba saatnya para punggawa muda skuad Timnas Indonesia yang akan berlaga di Piala Asia U23 pada April mendatang.

Ini akan menjadi kesempatan pertama Timnas Indonesia tampil di putaran final Piala Asia U23 sejak pertama kali digelar pada 2013 lalu.

Event dua tahunan dimulai dari babak penyisihan grup yang terdiri dari 16 tim yang dibagi menjadi 4 grup dan masing-masing grup dihuni oleh empat tim.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tersenyum setelah mengalahkan Turkmenistan dalam ajang kualifikasi Piala Asia U23 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (14/9/2023) malam. Tribun Solo/Muhammad Nursina
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tersenyum setelah mengalahkan Turkmenistan dalam ajang kualifikasi Piala Asia U23 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (14/9/2023) malam. Tribun Solo/Muhammad Nursina (Tribun Solo/Muhammad Nursina)

Tim yang berhasil finis sebagai juara dan runner-up grup bakal melaju ke babak 8 besar dengan sistem gugur hingga partai final.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dengan Federasi sepak Bola Indonesia, PSSI cukup optimis melihat peluang ini.

Meskipun tim-tim yang akan dihadapi adalah raksasa Asia untuk level seniornya, seperti Jepang, Qatar, Korea Selatan, hingga Arab Saudi.

Baca juga: Tergabung Grup Neraka, Shin Tae-yong Pede Bawa Timnas Indonesia Lolos 8 Besar Piala Asia U23 2024

Pada edisi keenam Piala Asia U23 nanti, ada 4 wakil ASEAN yang akan berlaga, Vietnam, Thailand, Malaysia dan Timnas Indonesia.

Skuad Garuda Muda punya pondasi yang cukup kuat di bawah asuhan Shin Tae-yong untuk Piala Asia U23.

Rata-rata pemain yang tampil di Piala Asia 2023 kemarin adalah skuad Garuda Muda yang sudah familiar sejak Shin Tae-yong menangani Timnas Indonesia.

Marselino Ferdinan, Pratama Arhan, Ernando Ari, Elkan Baggott, Ivar Jenner, Justin Hubner, Rafael Struick, Ramadhan Sananta adalah contoh dari bagian itu.

Kecuali Justin Hubner yang baru saja menyelesaikan proses pindah kewarganegaraan, pemain lainnya turut serta membantu skuad Garuda lolos dari babak play-off mengalahkan China Taipei dan memulangkan China Taipei dengan perolehan yang sempurna.

"Memang saat ini belum bisa meraih prestasi terbaik, tapi sedikit demi sedikit kita pasti bisa berkembang lebih baik dan suatu saat kita bisa bersaing di level Asia," ucap Shin Tae-yong saat berbincang dengan Ketum PSSI, Erick Thohir dalam postingan YouTube Erick Thohir yang diunggah pada Minggu (4/2/2024).

Menatap Piala Asia U23, ada target yang harus dipenuhi Shin Tae-yong, layaknya level senior kemarin demi masa depannya menangani Timnas Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat