androidvodic.com

Final Piala Afrika 2023 Nigeria vs Pantai Gading, Menanti Drama Lanjutan Tuan Rumah - News

News - Tuan rumah Pantai Gading lolos ke final Piala Afrika 2023 setelah mengalahkan Kongo berkat gol semata wayang dari Sebastian Haller, Kamis (8/2/2024).

Di final, Pantai Gading akan menghadapi Nigeria yang diperkuat dua bomber Serie A, Victor Osimhen dan Ademola Lookman.

Lolosnya Pantai Gading ke final Piala Afrika 2023 diwarnai dengan berbagai drama dalam kiprah mereka.

Tim yang menjadi tuan rumah Piala Afrika 2023 ini sempat terseok-seok selama fase grup, bahlan mereka hanya mencetak tiga poin saja.

Pantai Gading hanya menang sekali di laga pembuka, yakni saat melawan Guinea Bissau, namun dua laga setelahnya mereka tumbang.

Tim yang diperkuat Seko Fofana, Franck Kessie, dan Sebastian Haller ini kalah dari Nigeria, dan juga negara kecil sekelas Guinea Ekuator.

Pencapaian mereka selama fase grup jauh dari ekspektasi publik lantaran sebagai tuan rumah, Pantai diharapkan bisa tampil impresif.

pemain Pantai Gading 2
Para pemain Pantai Gading melakukan selebrasi usai meraih kemenangan di penghujung pertandingan sepak bola semifinal Piala Afrika (CAN) 2024 antara Pantai Gading vs Republik Demokratik Kongo di Stadion Olimpiade Alassane Ouattara di Ebimpe, Abidjan pada 7 Februari 2024. FRANCK FIFE/ AFP

Baca juga: Osimhen Pulangkan Onana dari Piala Afrika, Duo Bomber Serie A Buat Negeria Jadi Calon Kuat Juara

Kekalahan 4-0 dari Guinea Ekuator membuat mereka langsung memecat pelatih kepala, Jean Louis Gasset.

Saat pemecatan itu, Pantai Gading sebenarnya masih memiliki peluang lolos ke 16 besar melalui jalur peringkat tiga terbaik.

Pada akhirnya mereka benar-benar lolos ke fase gugur lewat jalur tersebut, menempati urutan empat dalam daftar klasemen tiga terbaik.

Posisi Jean Louis Gasset yang tadinya memegang kendali pelatih, kemudian digantikan oleh Emerse Fae yang sebelumnya merupakan Asisten pelatih.

Pergantian pelatih ternyata kini malah membawa sebuah pencapaian yang menakjubkan bagi Pantai Gading.

Negara legenda Chelsea, Didier Drogba itu menjadi tuan rumah pertama yang mencapai final dalam sembilan turnamen terakhir sejak Mesir pada tahun 2006.

Baca juga: Mohamed Salah Cedera di Piala Afrika, Kesabaran Liverpool di Liga Inggris Diuji

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat