androidvodic.com

Intip Persiapan VAR di Liga 1, LIB Agendakan Mulai saat Championship Series - News

Laporan Wartawan News/Muhammad Nursina

News - Penerapan Video Assistant Referee (VAR) di sepak bola Indonesia dimulai saat laga final Elite Pro Academy U-20 antara Persis Solo vs Persita yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo pada Kamis (7/3/2024) sore.

Ini adalah kesempatan pertama operator liga, Liga Indonesia Baru (LIB) menerapkan VAR dalam sejarah sepak bola Indonesia.

Kesempatan ini adalah trial pertama dari sejumlah persiapan yang dilakukan LIB sebelum memfasilitasi kompetisi profesional sepak bola Indonesia dengan VAR.

Trial tidak hanya dilakukan pada laga final ini, tetapi akan dilakukan beberapa kali lagi pada laga pertandingan ujicoba sebelum diimplementasikan ke Liga 1, khususnya saat Championship Series di mana empat klub akan bersaing memerebutkan titel juara.

Layar Video Assistant Referee (VAR) terpasang di Stadion Manahan, Solo pada Kamis (7/3/2024) sore. Ujicoba penerapan VAR di sepak bola Indonesia dilakukan saat laga final Elite Pro Academy (EPA) U-20 antara Persis Solo vs Persita Tangerang. TRIBUNNEWS/Muhammad Nursina
Layar Video Assistant Referee (VAR) terpasang di Stadion Manahan, Solo pada Kamis (7/3/2024) sore. Ujicoba penerapan VAR di sepak bola Indonesia dilakukan saat laga final Elite Pro Academy (EPA) U-20 antara Persis Solo vs Persita Tangerang. TRIBUNNEWS/Muhammad Nursina (Tribunnews/Muhammad Nursina)

"Hari ini menjadi final dari kompetisi Elite Pro Academy (EPA) U-20 seperti yang sudah kita beritahu sebelumnya bahwa di partai final U-20 ini menjadi spesial karena ini menjadi salah satu trial kita dalam penerapan VAR," buka Direktur Operasional PT LIB, Asep Saputra di Stadion Manahan, Kamis (7/3/2024).

"Sejak Mei 2023 lalu Juni 2023 kita melakukan deklarasi bahwa kita ingin menerapkan VAR di kompetisi Liga 1 2023/2024 tetapi dalam perjalanan dengan dinamika yang terjadi ada sesuatu yang harus dipersiapan lebih baik terutama dalam hal sumber daya manusia (SDM) sehingga memang kita tunda pelaksanaannya pada Championship Series di bulan Mei mendatang," sambungnya.

Lalu bagaimana dengan penerapan VAR di venue Championship Series?

Baca juga: LIB Bantah Laga Arema FC vs Persija Pakai VAR, Musim Ini Cuma Championship Series yang Dapat Untung

Diketahui, Stadion Manahan, Solo punya pengalaman menggelar pertandingan Piala Dunia U-17 yang mana menerapkan teknologi VAR dalam keberlangsungannya.

Tidak hanya Stadion Manahan, tetapi juga venue lainnya yang digunakan untuk Piala Dunia U-17, Stadion JIS, Stadion Si Jalak Harupat, dan Stadion Gelora Bung Tomo.

Oleh karena itu, penerapan trial VAR kali ini dirasa tepat, selain bukan kompetisi profesional tetapi juga pada venue yang sudah memiliki pengalaman menggunakan teknologi tersebut.

Syarat pertama yang harus dipersiapkan untuk penerapan VAR jelas mengenai alatnya.

Yang kedua dan ketiga adalah perangkat pertandingan yang terkait, wasit yang memimpin pertandingan hingga replay operator yang nantinya bertugas di balik layar ruangan VAR.

Jadi, prinsipnya, selama venue pertandingan Liga 1 yang pernah menggelar siaran langsung meskipun tidak memiliki ruangan khusus untuk operator VAR masih bisa menerapkan VAR.

Petugas Video Assistant Referee (VAR) di VAR Room Stadion Manahan, Solo pada Kamis (7/3/2024) sore. Penerapan VAR dilakukan saat laga final Elite Pro Academy (EPA) U-20 antara Persis Solo vs Persita Tangerang. TRIBUNNEWS/Muhammad Nursina
Petugas Video Assistant Referee (VAR) di VAR Room Stadion Manahan, Solo pada Kamis (7/3/2024) sore. Penerapan VAR dilakukan saat laga final Elite Pro Academy (EPA) U-20 antara Persis Solo vs Persita Tangerang. TRIBUNNEWS/Muhammad Nursina (Tribunnews/Muhammad Nursina)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat