androidvodic.com

Pemain Keturunan Indonesia Tersebar di Semua Lini Tim Liga Italia: Ada Jay Idzes dan Bomber Bologna - News

News - Untuk musim 2024/2025, sejauh ini ada empat pemain keturunan Indonesia yang berjibaku di Serie A Liga Italia. Jay Idzes menjadi yang terbaru dengan membawa Venezia promosi.

Faktanya Liga Italia bukan hal baru bagi pemain Indonesia untuk menimba ilmu atau bahkan berkarier di negeri yang mengusung gaya sepak bola khas catenaccio.

Adalah Bima Sakti dan Kurniawan Dwi Yulianto pernah berada di akademi Sampdoria. Sayangnya kurang beruntung karena tak menembus skuad utama.

Kemudian ada Thom Haye yang membela Lecce dan membantu promosi ke Serie A musim 2019. Dan yang paling fenomenal adalah Radja Nainggolan.

Momen perayaan pemain Timnas Indonesia Jay Idzes setelah mencetak gol dalam pertandingan Serie B Italia 2023/2024
Momen perayaan pemain Timnas Indonesia Jay Idzes setelah mencetak gol dalam pertandingan Serie B Italia 2023/2024 (Instagram Venezia FC)

Gelandang Belgia keturunan Indonesia ini pernah bermain bagi tim elite Serie A seperti AS Roma dan Inter Milan. 

Dan faktanya untuk Liga Italia musim depan, ada 4 pemain keturunan, dan bahkan berstatus penggawa Timnas Indonesia yang mencicipi bagaimana kerasnya persaingan di Serie A. 

1. Tijjani Reijnders

Pemain keturunan Maluku yang kini memperkuat AC Milan, Tijjani Reijnders, menjadi yang paling mentereng secara kualitas.

Hal ini dibuktikan olehnya karena sukses menembus skuad Belanda untuk Euro 2024. Wajar jika kemudian putra dari Angelina Lekatompessy ini menolak untuk memperkuat Timnas Indonesia sebagai tanah leluhur dari sang Ibu.

Faktanya sejak meninggalkan AZ Alkmaar dan hijrah ke AC Milan, Tiji, sapaan akrab Tijjani, kian menunjukkan performa gemilang.

Bermain di sektor centrocampista, faktanya tak menurunkan agrevitasnya dalam mencetak gol. Tijjani Reijnders membukukan empat gol dan empat assist dalam 50 pertandingan bersama AC Milan di semua kompetisi.

Meski di musim pertamanya di Liga Italia berakhir zero tituli, namun peran Tiji sebagai jendral lapangan tengah Rossoneri semakin tak tergantikan.

Baca juga: Komentar Pelatih Jay Idzes setelah Bawa Venezia Promosi ke Serie A, Bakal Menyeberang ke Turin?

2. Emil Audero Mulyadi

Emil Audero Mulyadi merupakan pemain keturunan Indonesia yang lahir di Mataram. Faktanya, kiper yang pernah menimba ilmu di akademi Juventus tersebut, kenyang akan pengalaman berkarier di Serie A Liga Italia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat