androidvodic.com

Profil Putra Nababan Politisi PDIP yang Minta Pemain Timnas Indonesia Jangan Cuma Diisi Naturalisasi - News

News, JAKARTA - Berikut profil Putra Nababan, Anggota Komisi X DPR RI yang meminta agar Timnas Indonesia sebagian besar diisi oleh pemain nasional dan sedikit saja pemain naturalisasi.

Hal itu diungkapkannya dalam Rapat Kerja (Raker) Komisi X DPR RI pada Senin (3/6/2024), membahas proses naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven.

"Saya mencatat, Indonesia menaturalisasi 25 pemain sejak 2010," ujar Putra Nababan, anggota Komisi X DPR dari fraksi PDIP tersebut.

"Ini banyak sekali pemainnya bahkan kalau kita lihat Timnas kita kalau lagi bertanding lebih banyak pemain naturalisasinya ketimbang pemain nasional. Saya harus mengatakan pemain nasional saya tidak mau bilang lokal," ujar Putra menambahkan.

Menurut Putra Nababan, komposisi pemain Timnas Indonesia harus berimbang antara pemain naturalisasi dan pemain nasional (lokal).

"Kalau bisa komposisi pemain itu 60 persen pemain nasional (lokal), jangan semuanya diisi pemain naturalisasi," ujar dia.

"Jangan dibalik atas nama kemenangan dan sebagainya."

Politisi yang mantan jurnalis itu mengucap terima kasih kepada Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo atas evaluasi proses naturalisasi.

Catatannya, naturalisasi menciptakan ekspetasi dan rasa optimisme dari anak-anak Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk kepentingan bangsa dan negara.

Perdebatan  mengenai tim nasional sepak bola Indonesia yang diisi para pemain lokal dan tim nasional yang dihuni banyak pemain naturalisasi tak berkesudahan.

Topik ini selalu mengemuka setiap tim nasional sepak bola Indonesia menghadapi agenda pertandingan internasional.

Namun, mayoritas netizen sangat mengapresiasi kehadiran para pemain naturalisasi saat ini, yang mereka nilai memiliki kualitas mendongkrak performa timnas Indonesia, terutama jika merujuk pencapaian tembus semi final Piala Asia U23, menyingkirkan Australia dan Korea Selatan.

Dulu, kekalahan tipis dari dua negara tersebut sudah dianggap sebagai prestasi yang luar biasa dan membanggakan. Mirip dengan netizen Malaysia yang membanggakan timnas mereka mampu menahan imbang Korea Selatan.

Profil

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat