androidvodic.com

Representasi Wajah Sepakbola Asia Tenggara, Indonesia Didukung Pelatih Filipina Lolos ke Piala Dunia - News

Representasi Wajah Sepakbola Asia Tenggara, Indonesia Didukung Pelatih Filipina Lolos ke Piala Dunia

Laporan Wartawan News, Alfarizy AF

News, JAKARTA - Pelatih Filipina, Tom Saintfiet, mendukung langkah Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Pria berkebangsaan Belgia itu tetap mendukung Skuad Garuda meski timnya harus menelan kekalahan di pertandingan terakhir grup F Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Baca juga: Menangis Saat Cetak Gol Debut Timnas Indonesia, Thom Haye: Dukungan Segila Ini dari Suporter di GBK

Tom mengatakan jika Indonesia saat ini menjadi representasi wajah sepakbola Asia Tenggara dalam kualifikasi Piala Dunia mendatang.

Seperti diketahui, Skuad Garuda menjadi satu-satunya tim dari Asia Tenggara, bersama Australia yang lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

"Saya pikir kita (Asia Tenggara) memiliki beberapa 'tenaga' baru, Indonesia menjadi salah satu favorit bersama Thailand dan mari kita lihat bagaimana Vietnam, mereka tersingkir sehingga tidak bisa," kata Tom.

"Jadi Thailand dan Indonesia harus terus mengibarkan benderanya. Kita lihat sekarang negara-negara Arab, negara-negara Teluk masih unggul sedikit dengan Palestina, Irak, Bahrain, Oman dan tentu saja Emirates, Arab Saudi, Qatar sudah lolos," sambungnya.

Pelatih berusia 51 tahun yang mengaku 'kenyang' pengalaman sepakbola di wilayah Asia itu pun menyebut jika sepakbola Asia Tenggara memiliki ciri khas tersendiri.

Selain itu, kultur sepakbola di Asia Tenggara pun menurutnya sangat kental, terbukti dengan para penonton yang selalu memadati stadion setiap tim negaranya bermain.

"Ada banyak kualitas, ada banyak gaya sepak bola yang berbeda, yang membuatnya sangat menarik. Bagi saya, berada di Asia Tenggara, saya sangat berharap kita bisa melihat atau dan Thailand dan Indonesia di Piala Dunia mendatang," ujar Tom.

"Karena di wilayah ini, saya ingat menonton Piala Suzuki (AFF) pada tahun 2012, final antara Thailand dan Malaysia, dengan 100,000 orang bernyanyi. Gairah yang anda miliki hanya ada di sini, anda tidak akan melihatnya bahkan di negara-negara Arab, anda tidak melihatnya di India, anda tidak melihatnya bahkan di Tiongkok, ini benar-benar Asia Tenggara."

"Penggemar yang bersemangat, orang-orang menyukai sepak bola dan saya sangat menantikan perkembangan sepak bola di wilayah ini," imbuhnya.

Sebagai catatan, pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Indonesia akan bergabung dengan 17 tim lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat