androidvodic.com

Timnas Indonesia OTW Rusak Rekor Vietnam Era Park Hang-seo di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 - News

News - Ada satu rekor yang bisa dipecahkan oleh Timnas Indonesia bersama Shin Tae-yong di Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Shin Tae-yong balap prestasi kompatriotnya, Park Hang-seo.

Perjuangan Timnas Indonesia di Babak Ketiga Kualifikasi iala Dunia 2026 zona Asia dimulai awal September. Sedangkan siapa lawan Skuad Garuda baru diketahui setelah drawing berlangsung 27 Juni mendatang di Malaysia.

Ada potensi besar Timnas Indonesia akan tergabung di grup neraka, dan menemui lawan-lawan berat. Satu di antaranya yang pasti ialah Pot 1 saat ini dihuni oleh Jepang, Korea Selatan dan Iran.

Sedangkan Skuad Garuda yang berada di Pot 6, dipastikan salah satu dari ketiga negara penghuni Pot 1 akan menjadi lawan di fase grup.

Jay Idzes berselebrasi setelah Timnas Indonesia unggul atas Vietnam pada 21 Maret 2024, di Stadion Utama Gelora Bung Karno dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026
Jay Idzes berselebrasi setelah Timnas Indonesia unggul atas Vietnam pada 21 Maret 2024, di Stadion Utama Gelora Bung Karno dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 (Instagram @jayidzes)

Meski demikian, apapun masih bisa terjadi. Shin Tae-yong bersama armada tempurnya bisa mengkreasikan sejarah dengan lolos ke putaran final Piala Dunia 2026.

Akan tetapi ada satu rekor yang bisa dipecahkan oleh Timnas Indonesia

Dirangkum dari laman Soha, Vietnam hingga kini masih menjadi satu-satunya negara ASEAN yang berhasil meraih kemenangan di Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia.

Tepatnya pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Vietnam mengukir kemenangan atas China dengan skor 3-1 di kandang. Praktis kemenangan itu merupakan raihan satu-satunya The Golden Star Warriors di putaran ketiga fase grup.

Tergabung di Grup B, Vietnam yang saat itu masih dilatih Park Hang-seo, membukukan 4 poin, dan finis di posisi juru kunci. Satu poin lain didapatkan Vietnam saat menahan imbang Jepang.

Apa yang diukir Vietnam menjadi yang terbaik dari tim Asia Tenggara yang pernah berjuang di Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia.

Mundur empat tahun, Thailand sejatinya pernah sampai ke babak yang sama. Namun The War Elephants sekalipun tak memetik kemenangan di fase grup, dan 'hanya' meraih dua poin.

Baca juga: Timnas Indonesia Kehilangan 2 Bek di Laga Perdana Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

"Saat ini di kawasan Asia Tenggara, tim Vietnam masih menjadi wakil yang memegang tonggak sejarah yang mengesankan, menjadi tim pertama, dan satu-satunya sejauh ini yang meraih kemenangan di babak ketiga kualifikasi Piala Dunia," terang pernyataan Soha.

Prestasi tersebut bisa dilampaui oleh Timnas Indonesia. Minimal, Skuad Garuda meraih dua kemenangan di fase grup round ketiga mendatang.

Kendati misi tersebut terbilang sulit, bukan berarti tidak mungkin untuk diwujudkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat