androidvodic.com

Cara Southgate Kuatkan Mental Phil Foden yang Belum Bersinar di Euro 2024, Cuma Masalah Waktu Kok - News

News - Penampilan kurang meyakinkan Phil Foden di matchday pertama Euro 2024 mendapat pembelaan dari pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate.

Timnas Inggris akan bersiap melawan Denmark dalam matchday kedua Euro 2024 di Deutsche Bank Park pada Kamis (20/6/2024) pukul 23.00 WIB.

Kemenangan melawan Denmark akan membuat Inggris memastikan melaju ke 16 besar mengikuti Jerman sebagai tim pertama yang lolos.

Jelang laga ini, sorotan tertuju pada sosok Phil Foden yang digadang-gadang bakal memberi warna dalam permainan Timnas Inggris.

Foden gagal bersinar saat The Three Lions melawan Serbia di laga perdana. Banyak kritik yang ditujukan kepada Foden yang dinilai tampil dibawah performa terbaiknya.

Pemain 24 tahun itu disebut kurang menunjukkan agresifitas seperti saat bermain untuk Manchester City di level klub saat mencetak 19 gol dari 35 penampilan di Liga Inggris.

Statistik dari Sky Sports, Foden gagal melepaskan tembakan saat melawan Serbia. Kreasi peluangnya pun juga minim, hanya satu kali saja.

Baca juga: 4 Fakta Inggris Susah Payah Tundukkan Serbia di Euro 2024: Tradisi Southgate, Tiga Singa Membosankan

Foden hanya melakukan satu kali sentuhan saat di dalam kotak penalti lawan, dan hanya melakukan satu kali umpan silang.

Meski statistiknya cukup buruk, namun Gareth Southgate tetap memberi pujian kepada anak asuhnya itu. Sang pelatih seakan memiliki cara tersendiri untuk mengangkat mental Foden meski belum bersinar di Euro 2024 ini.

Dikatakan sang pelatih, meski tak berkontribusi secara langsung dalam urusan gol, namun pergerakan tanpa bola dari Phil Foden telah memberi pengaruh dalam permainan tim.

"Saya pikir Phil melakukan pekerjaan luar biasa untuk tim pada hari Minggu," kata Southgate, dikutip dari Sky Sports.

"Anda tahu, terkadang bagian-bagian bola terlihat jelas dan menarik perhatian, namun jumlah area yang ia tempuh, sudut tekanannya, pengisian untuk orang-orang yang berada jauh di depan."

"Saya pikir tanpa kontribusi Phil tanpa bola – dan saya tahu itu bukan hal yang seksi dan semua orang ingin melihatnya menguasai bola – saya rasa kami tidak akan memenangkan pertandingan."

"Jadi kemudian di pertandingan ketika kami membutuhkan seseorang untuk mempertahankan bola dan mengambil tekanan, saya pikir dia melakukannya dengan sangat baik untuk kami," sambung pelatih 53 tahun itu.

Baca juga: Tim Lolos 16 Besar Euro 2024: Jerman Jadi yang Pertama, Inggris dan Spanyol Berpotensi Menyusul

Selain itu, menurut Southgate belum bersinarnya Foden adalah karena belum berjalannya perihal adaptasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat