androidvodic.com

Rekor Bersejarah Portugal Lolos 8 Besar Euro 2024: Bukan Cristiano Ronaldo, tapi Diogo Costa - News

News - Kelolosan Portugal ke 8 Besar Euro 2024 semakin manis karena terciptanya rekor bersejarah. Kiper Portugal, Diogo Costa resmi menjadi manusia pertama yang mengukir rekor sensasional sepanjang gelaran Euro.

Timnas Portugal yang dipimpin Cristiano Ronaldo memastikan tempatnya di Perempat Final Euro 2024 setelah menumbangkan Slovenia. 

Hasil babak 16 Besar Euro 2024 antara Portugal vs Slovenia berakhir imbang 0-0 dalam tempo 120 menit di Deutsche Bank Park, Frankfurt, Jerman, Selasa (2/7/2024) dini hari WIB.

Penentuan tim lolos Perempat Final Euro 2024 kemudian dipastikan melalui adu sepakan penalti.

Tiga penendang dari Portugal, Bruno Fernandes, Cristiano Ronaldo, dan Bernando Silva sukses menjalankan tugasnya.

Para pemain Portugal merayakan kemenangan setelah pertandingan babak 16 besar Piala Eropa 2024 antara Portugal dan Slovenia di Frankfurt Arena di Frankfurt am Main pada 1 Juli 2024. (Foto oleh Kirill KUDRYAVTSEV / AFP)
Para pemain Portugal merayakan kemenangan setelah pertandingan babak 16 besar Piala Eropa 2024 antara Portugal dan Slovenia di Frankfurt Arena di Frankfurt am Main pada 1 Juli 2024. (Foto oleh Kirill KUDRYAVTSEV / AFP) (Kirill KUDRYAVTSEV / AFP)

Namun keterbalikan dengan ketiga penendang utusan Slovenia. Tiga eksekutor dari Slovenia, meliputi Josip Ilicic, Jure Balkovec, dan Benjamin Verbic, gagal mencetak gol.

Adalah penjaga gawang Portugal, Diogo Costa, berkat tangan-tangan cekatannya berhasil menepis semua bola hasil sepakan algojo penalti Slovenia.

Faktanya, apa yang dilakukan penjaga gawang asal FC Porto ini menorehkan rekor bersejarah. Bahkan baru pertama ytercipta sejak Euro berlangsung tahun 1960.

Dirangkum dari laman Squawka, Diogo Costa menjadi kiper pertama yang tidak kebobolan selama 120 menit, plus berhasil menggagalkan tiga sepakan penalti.

Hingga saat ini, baru Digo costa kiper pertama yang mampu melakukannya di sepanjang sejarah Piala Eropa.

"Diogo Costa adalah orang pertama dalam sejarah Kejuaraan Eropa yang menyelamatkan tiga penalti dalam drama adu tos-tosan," terang pernyataan Squawka.

"Tidak ada pemain dalam sejarah Kejuaraan Eropa yang berhasil menyelamatkan lebih banyak penalti adu penalti dan dia hanya menghadapi tiga kali. Dia juga mencatatkan clean sheet dalam 120 menit."

Baca juga: Hasil Pertandingan Euro 2024 Tadi Malam: Tangis Cristiano Ronaldo Pecah, Drama Portugal ke 8 Besar

Costa juga tampil gemilang dalam tempo 120 menit. Tercatat dia menggagalkan tiga sepakan on target yang dilepaskan Josip Ilici dan kolega.

Kehebatan Diogo Costa mengawal gawang Selecao das Quinas mendapatkan pujian dari pundit BBC sekaligus mantan pemain Manchester City, Micah Richards.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat