androidvodic.com

Pandemi, Moskwa Mulai Gunakan Robot untuk Layanan Pesan Antar Makanan - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, MOSKWA - Raksasa internet Rusia, Yandex telah mengoperasikan layanan kereta robot 'Self driving' yang kini mulai mengirimkan pesanan dari restoran kepada pelanggan di pusat kota Moskwa.

Aplikasi Yandex.Eats merupakan salah satu dari beberapa layanan pengiriman makanan dan bahan makanan di kota itu yang menawarkan opsi kepada pelanggan yang berada di sekitar kawasan bisnis White Square, untuk mengantarkan makanan menggunakan robot pengantar seperti kereta.

Dikutip dari laman Russia Today, Kamis (10/12/2020), kendaraan seukuran koper yang disebut Yandex.Rover ini dapat secara mandiri menavigasi jalannya di sepanjang rute pengiriman melalui trotoar kota yang biasa digunakan untuk pejalan kaki.

Baca juga: Unik! Jepang Gunakan Robot Monster Wolf Buat Usir Beruang Liar di Pedesaan

Ia dapat mengenali objek, merencanakan rute, berhenti jika ada pejalan kaki atau hewan dan menghindari rintangan.

Lalu robot ini juga dapat memanfaatkan lidar yang dimilikinya, sehingga bisa bergerak bebas di kegelapan.

Baca juga: Girl Grup aespa, Berkonsep Gabungan Manusia & Robot, Punya Kembaran Virtual Serta Cerita Universe

Lidar merupakan teknologi peraba jarak jauh optik yang dapat mengukur cahaya yang tersebar untuk menemukan jarak target.

Sejak musim gugur, robot ini telah mengirimkan bahan makanan ke beberapa wilayah di kota Moskwa sebagai bagian dari program uji coba.

Kemudian saat ini secara bertahap Yandex telah memperluas wilayah operasi robot-robot ini.

Menurut Yandex, robot tersebut bekerja dengan mengambil pesanan dari restoran dan membawanya ke pelanggan.

Para pelanggan pun dapat melacak pesanan mereka melalui aplikasi, kemudian mereka hanya perlu membuka kunci robot menggunakan ponsel pintar mereka dan mengeluarkan makanan dari dalam robot.

Ada tiga robot jenis ini yang beroperasi di area White Square, jumlah ini merupakan bagian dari armada 20 robot yang dioperasikan di seluruh kota.

CEO dari Self-Driving Group Yandex, Dmitry Polishchuk mengatakan bahwa permintaan untuk layanan pengiriman di kota Moskwa terus mengalami pertumbuhan dan semakin dipercepat selama masa pandemi virus corona (Covid-19).

"Kami telah mengadaptasi teknologi yang ada untuk tantangan baru dengan menggunakan serangkaian sensor berbeda. Saya yakin robot seperti ini akan memiliki beragam aplikasi dalam waktu dekat," kata Polishchuk.

Robot ini juga diklaim dapat membantu karyawan untuk terus mempraktikkan social distancing karena bisa diberikan sejumlah tugas seperti mengirim surat ke kantor pos setempat.

Foto: (Instagram Yandex.eda) Robot self driving Yandex.Rover

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat