androidvodic.com

Biznet Jadi Penyedia Layanan Koneksi Internet Paling Stabil di Indonesia Versi Speedtest - News

Laporan Wartawan News, Fandi Permana

News, JAKARTA - Sebagai negara yang berada di kawasan Asia-Pasifik, Indonesia mencatatkan peningkatan kecepatan layanan internet tetap pada tahun 2020 dibandingkan dengan 2019.

Situs informasi pengujian kecepatan koneksi internet, Speedtest.net, merilis ranking global untuk negara-negara yang memiliki kecepatan data mobile. Speedtest mencatat provider Biznet sebagai penyedia layanan internet tetap tercepat di Indonesia.

Baca juga: Pergulatan Bersama Meredam Covid-19 dengan PPKM Mikro

Speedtest mencatat provider berbasis serat fiber optik ini memiliki kecepatan data mencapai 23,32 Mbps untuk unduh dan 13,14 Mbps untuk unggah selama tahun 2020.

Kecepatan data Biznet meningkat dibandingkan tahun 2019 di kecepatan 20,11 Mbps untuk unduh dan 12,41 Mbps untuk unggah. Sementara untuk latensi, Biznet mengalami penurunan tipis dari 19 ms pada 2019, menjadi 18 ms pada 2020.

Laporan Speedtest juga mencatat bahwa Biznet merupakan provider layanan internet tercepat di antara kompetitor teratas di Indonesia pada kuartal III dan kuartal IV 2020 dengan capaian skor 33,99.

Di bawah Biznet, provider milik Moratelindo, MyRepublic menempati urutan kedua dan mendapat skor 33,20.

Peringkat ketiga dimiliki provider milik Lippo Group, First Media yang mendapat skor 14,82.

Di posisi keempat dan kelima, ditempati provider milik BUMN, Telkom Indonesia dan produk fiber optik Triple Play IndiHome. Kedua penyedia internet mendapat skor 14,82 untuk dan 14,74.

Dari sisi latensi, MyRepublic didapuk Speedtest sebagai provider internet dengan latensi terendah di Indonesia selama kuartal III dan kuartal IV 2020.

Latensi MyRepublic tercatat 16 ms. Sementara belakangnya, IndiHome mengekor di posisi kedua dengan 17 ms.

Sementara Biznet dan First Media menempati urutan keempat dan kelimat dengan 26 ms dan 29 ms.

Terakhir, Speedtest juga telah meng-update skor konsistensi masing-masing penyedia layanan internet tetap.

Untuk penilaian ini, MyRepublic memiliki skor konsistensi tertinggi di Indonesia selama kuartal III dan kuartal IV 2020, dengan skor 60,4 persen. Hasil itu menunjukkan provider ini memiliki kecepatan unduh minimal 25 Mbps dan kecepatan unggah minimum 3 Mbps.

Sementara Biznet dan First Media menempati urutan kedua dan ketiga dengan peroleh skor konsitensi 59 persen dan 26 persen.

Sementara IndiHome belum hisa menyaingi kompetitor swasta menempati skor konsistensi paling bawah yaitu 19,7 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat