androidvodic.com

Ini Alasan Apple Tak Rilis Aplikasi iMessage di Platform Android - News

Laporan Wartawan News, Hari Darmawan

News, JAKARTA - Perusahaan raksasa asal Amerika Serikat (AS) yaitu Apple, dikenal sebagai produsen smartphone dengan segudang eksklusivitas.

Salah satu layanan yang sangat eksklusif pada smartphone besutan Apple yaitu aplikasi pesan bernama iMessage, yang hanya dapat ditemukan pada perangkat iPhone saja.

Aplikasi iMessage hanya bisa digunakan oleh para pengguna iPhone saja, dan smartphone lain yang berbasis Android ataupun Windows tidak bisa mengunduh aplikasi tersebut.

Baca juga: Membedah Sistem Pengumpulan Data Pengguna Apple dan Android, Mana yang Lebih Aman?

Menurut laporan situs Android Police yang dikutip pada Senin (12/4/2021), sebetulnya Apple bisa saja merilis aplikasi besutannya itu ke platform Android.

Tetapi, Apple memilih untuk tidak melakukannya. VP Internet Software and Service Apple Eddy Cue mengatakan, pihaknya bisa saja membuat aplikasi iMessage untuk Android.

Baca juga: Unik, Apple Patenkan Desain Parutan Keju untuk Perangkat iPhone

Meski begitu, hal itu tidak terjadi karena Apple sendiri beranggapan bila aplikasi iMessage berada pada platform Android maka akan membuat pengguna iPhone berpaling ke Android dengan mudah.

Keputusan Apple untuk tidak merilis aplikasi iMessage pada platform Android dapat dikatakan sebagai strategi bisnis, bukan karena kendala teknis yang membuat Apple tidak bisa merilis aplikasi tersebut.

Tidak merilis iMessage pada platform lain, bukanlah suatu hal yang melanggar hukum atau dilarang karena ini merupakan hak dari setiap pembuat aplikasi.

Apple tentunya ingin terus membuat smartphone mereka eksklusif, dengan hadirnya iMessage pada perangkat iPhone miliknya. Penggunaan iMessage di Indonesia sendiri masih belum terlalu ramai, seperti di negara lain.

Pasalnya di Indonesia, iMessage masih bercampur dengan adanya pesan elektronik yang membuat penggunanya malas. Seperti adanya pesan iklan ataupun orang yang memanfaatkan pesan elektronik untuk menawarkan berbagai hal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat