androidvodic.com

Pengunduh TikTok Capai 3 Miliar Unduhan - News

Laporan Wartawan News, Fandi Permana

News, JAKARTA - Pengguna TikTok makin mewabah ke semua kalangan tak hanya di Indonesia tapi seluruh dunia.

Hal itu terbukti, bahwa aplikasi rintisan ByteDance itu menjadi aplikasi non-Facebook pertama yang mencapai 3 miliar unduhan secara global untuk di perangkat iOS dan Android.

Capaian itu makin menegaskan jika TikTok tak main-main untuk menyaingi kompetitornya seperti Facebook, Instagram, WhatsApp dan Twitter.

Melansir data terbaru Sensor Tower Store Intelligence yang dirilis Jumat (16/7/2021), TikTok adalah aplikasi non-game yang paling banyak diunduh dan memiiki penghasilan tertinggi secara global pada paruh mencapai tahun 2021.

Torehan yang diraih TikTok yaitu mencapai 383 juta pemasangan pertama kali dan diperkirakan memperoleh 919,2 juta dollar AS dalam kategori belanja konsumen.

Baca juga: Lapor Jokowi, Hasil Google Maps-Facebook Ada Penurunan Aktivitas Masyarakat 10 Hari Terakhir

Bahkan, TikTok mengalami percepatan pada tahun 2021 dengan unduhan pertama kali meningkat sebesar 2% dari kuartal keempat tahun 2020 ke kuartal pertama tahun 2021 mencapai 177,5 juta dan meningkat sebesar 16% dari kuartal pertama tahun 2021 ke kuartal kedua tahun 2021 hingga mencapai 205,4 juta.

Prestasi TikTok ini menjadi pertumbuhan terbesar sejak kuartal yang memecahkan rekor pada awal tahun 2020 yang berhasil meraih lebih dari 315 juta penginstalan.

Penurunan pengunduhan aplikasi ini baru terjadi pada paruh pertama tahun 2020 sebesar 38% dari tahun ke tahun yang menorehkan hampir 619 juta unduhan.

Meski demikian, belanja konsumen di TikTok meningkat 73 persen dari 530,2 juta dollar AS pada periode tahun lalu.

Sampai pada akhirnya, TikTok telah diinstal lebih dari 3 miliar kali, menjadikannya aplikasi non-game kelima yang melakukannya.

Empat aplikasi lainnya yang telah mencapai tiga miliar penginstalan adalah WhatsApp, Messenger, Facebook, dan Instagram, yang semuanya dimiliki oleh Facebook.

TikTok sendiri merajai bahkan turut mensponsori pagelaran besar seperti Euro 2020 dan tentu saja berdampak besar bagi bisnisnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat