androidvodic.com

Guru Harus Siap Beradaptasi dan Bertransformasi dengan Platform Digital - News

Laporan Wartawan News, Dennis Destryawan

News, JAKARTA -- Guru harus siap beradaptasi dan bertranformasi melalui platform pembelajaran digital.

Hal tersebut, sebagai jawaban atas tantangan dunia pendidikan di masa pandemi Covid-19.

Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Himmatul Hasanah mengatakan dunia pendidikan harus siap bertransformasi apabila tidak ingin tertinggal dan tergilas.

Sebab, lanjut dia, beberapa masalah internal tengah dihadapi dunia pendidikan di Indonesia.

Baca juga: BTN Bikin Aplikasi untuk Mudahkan Pembayaran Tagihan

"Yaitu masalah kurangnya tenaga pendidik, anggaran P3K yang dinilai memberatkan pemerintah daerah, serta rendahnya kompetensi guru," kata Himmatul saat diskusi daring, Kamis (2/12/2021).

Disampaikan Himmatul dalam webinar “Platform Pembelajaran Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Modern Guru”. Webinar berbarengan dengan peluncuran aplikasi SahabatGuru.

Inisiator program Sahabat Guru tersebut mengatakan sejumlah tantangan pendidikan di era digital menjadi dasar hadirnya aplikasi SahabatGuru.

Baca juga: Asabri Perbarui Aplikasi Mobile, Ini Rincian Fitur-fitur Anyarnya

"Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi media advokasi, memberikan inspirasi, serta berperan dalam pengembangan kompetensi guru di berbagai daerah di Indonesia," katanya.

Apkasi bersama Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) telah menyapa 106.000 guru di Indonesia melalui program unggulan “Matematika Menyenangkan” dan “English Cepat”.

"Apkasi menawarkan metode mengajar baru bagi para guru di berbagai kabupaten di Indonesia," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama anggota Komisi XI DPR Charles Meikyansah menekankan ada dua hal untuk memahami era disrupsi, yakni inovasi dengan cepat, beragam, dan semakin banyak jumlahnya.

Baca juga: Akselerasi Transformasi Industri 4.0 Sekaligus Jadi Showcase Digitalisasi dalam Making Indonesia 4.0

Sedangkan Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemenkominfo Septriana Tangkary revolusi industri 4.0 menyebabkan transformasi digital pada proses pembelajaran.

"Seluruh guru mau tidak mau harus belajar dan mengakrabkan diri dengan teknologi informasi,” katanya.

Ketua Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Apkasi yang juga Bupati Batu Bara, Zahir, mengatakan saat ini teknologi digital sudah menjadi sebuah keharusan dan tantangan di masa depan terutama di tengah pandemi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat