androidvodic.com

Menkominfo Siapkan 5G Experience di Ajang MotoGP 2022 - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate menuturkan pemerintah akan menyiapkan jaringan 5G saat ajang balap MotoGP 2022.

Menurutnya, MotoGP 2022 akan menjadi peluang untuk memperkenalkan 5G experience.

Hal yang sama juga dilakukan pada event sebelumnya PON Jayapura.

Baca juga: MotoGP 2022: Tak Peduli Kondisi Babak Belur, Marc Marquez Tetap Momok Lintasan Balap

"MotoGP juga akan dilakukan penggelaran pengalaman menggunakan jaringan 5G," tegas Menkominfo di kantornya, Senin (27/12/2021).

Menteri Johnny menyampaikan sinyal 5G di sekitar Sirkuit Mandalika nantinya tidak dapat digunakan oleh semua jenis perangkat smartphone. 

"Bagi pemilik iPhone maupun iPad akan kesulitan mendapatkan jaringan 5G di sana. 5G experience ini spektrum 2,3 GHz yang hanya berfungsi di beberapa perangkat penerima," tukasnya.

Perangkat Apple yang bekerja di frekuensi 2,6 GHz belum tersedia jaringan 5G karena spektrumnya masih dipakai untuk kepentingan satelit.

Diketahui layanan 5G resmi hadir di Indonesia sejak 27 Mei 2021, di mana Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang menghadirkan jaringan seluler generasi kelima tersebut secara komersial.

Baca juga: Jaringan 5G Disebut Bisa Ganggu Penerbangan Pesawat di AS

Operator seluler lain yang sudah mengantongi izin penggelaran 5G oleh Kementerian Kominfo adalah Indosat Ooredoo dan XL Axiata. 

Dalam pertemuannya dengan Komando Lapangan MotoGP Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, Menkominfo juga menjamin infrastruktur TIK yang lebih memadai, baik secara teknis, misalnya spektrum frekuensi.

Termasuk spektrum frekuensi untuk paddock.

Kominfo, terang Johnny, tengah menyiapkan tambahan spektrum frekuensi 4 MHz di frekuensi 400-an serta jaringan tulang punggung fiber optik alias backbone yang memadai guna mendukung transmisi data dari Sirkuit Mandalika.

"Harapannya dengan begitu pertandingan balap dapat berlangsung dengan lancar," tuturnya.

Baca juga: Layanan 5G Indosat Ooredoo Kini Bisa Dinikmati di Balikpapan

Menkominfo memastikan sejauh ini ada dua operator seluler yang telah tersedia di Mandalika yakni Telkomsel dan XL Axiata.

"Layanan yang memadai pada saat penggelaran MotoGP ini dapat memberikan multiplier effect di lingkungan sekitar karena ada banyak homestay yang akan menjadi tempat tinggal penonton," ungkap Menkominfo.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat