androidvodic.com

Dorong Digitalisasi, Kementerian Kominfo Berikan Paket Data Selama Enam Bulan kepada UMKM - News

Laporan Wartawan News, Yanuar Riezqi Yovanda 

News, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan Program Adopsi Teknologi Digital 4.0 bagi UMKM

Melalui program ini, pemerintah berupaya mengoptimalisasi potensi dan produktivitas, dengan mendorong digitalisasi bagi UMKM yang masih berjualan secara luring atau offline. 

"UMKM yang menjadi peserta pendampingan akan mendapatkan benefit berupa paket data selama enam bulan," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate dalam acara peluncuran Program "UMKM Go Online" tahun 2022 di kawasan Thamrin, Jumat (13/5/2022).

Baca juga: Menkominfo Soroti Konten LGBT di Ruang Digital, Johnny G Plate: Jaga Nilai Kultural dan Religius

Selain itu, juga dapat akses terhadap aplikasi agregator dan materi pembelajaran online atau learning management system, serta pendampingan gratis dari berbagai platform digital selama enam bulan. 

Dari sisi teknis, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan menjelaskan, sebelum pendampingan, terlebih dahulu akan dilakukan penilaian level kebutuhan adopsi teknologi digital di kalangan UMKM

"Penilaian itu terbagi atas empat level yaitu level beginner, observer, adopter, dan leader. Level beginner adalah UMKM dengan dimensi bisnis dan keuangan, serta teknologi yang masih rendah," katanya. 

Kemudian, observer di mana usaha-usaha ini sejatinya telah dikelola secara relatif modem, tapi dengan tingkat penggunaan teknologi yang cenderung rendah. 

Sementara, UMKM adopter adalah usaha-usaha dengan tingkat adopsi dan pengetahuan teknologi yang cukup baik, tapi pengelolaan usaha masih cenderung tradisional. 

"Sedangkan, level leader merupakan usaha-usaha yang telah dikelola secara relatif modern, serta telah memiliki tingkat adopsi dan pengetahuan teknologi yang relatif tinggi," pungkas Semuel.

Baca juga: Kementerian Kominfo Fasilitasi 30 Ribu UMKM Naik Kelas Lewat Adopsi Teknologi Digital 

Selanjutnya, dilakukan perekrutan serta pelatihan terhadap 185 tenaga pendampingan atau fasilitator, yang bertugas di 13 kawasan prioritas, berlangsung dari 14 Mei hingga 22 Mei 2022. 

Pelatihan terhadap tenaga pendampingan melibatkan narasumber dari puluhan penyedia platform digital di Indonesia yang mencakup aplikasi social commerce, e-commerce, financiai technology (fintech), point of sales system, dan teknologi 4.0.

Pendaftaran untuk program ini dapat dilakukan di tautan atau link registrasi yaitu https://umkmgoonline.kominfo. go.id/registrasi, yang akan berlangsung dari 15 Mei hingga 22 Mei 2022. 

Adapun catatan bagi masyarakat yang ingin terlibat dalam kegiatan ini agar mendaftar melalui tautan pendaftaran resmi dan berhati-hati terhadap informasi yang mengatasnamakan Kementerian Kominfo. 

Tahapan pendaftaran UMKM yaitu melakukan pengisian email dan profil UMKM, melakukan pengisian kuesioner kebutuhan adopsi teknologi digital, serta menyatakan kesediaan untuk mengikuti kegiatan pendampingan setama enam bulan dari Mei hingga Oktober 2022. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat