androidvodic.com

Niagahoster Ajak UMKM Naik Kelas Lewat Workshop Pemasaran Digital - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Adopsi digital yang makin meluas di masyarakat sejak awal masa pandemi membuat para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) beradaptasi dengan memanfaatkan platform digital untuk memperluas akses pasar.

Pada saat bersamaan, juga bermunculan perusahaan rintisan (startup) yang berupaya memberikan solusi masalah digital namun masih membutuhkan binaan dari perusahaan yang lebih berpengalaman.

Demi memaksimalkan potensi ekonomi di internet, Niagahoster mengajak mereka go digital melalui kursus online gratis membedah topik seputar IT dan digital marketing dengan format video. Pemaparan materi di workshop ini dirancang dengan penjelasan yang mudah dipahami dan bisa diakses kapan saja.

Mereka juga menyiapkan program Niagahoster Event yang diadakan rutin dan membahas topik terhangat dan insight terbaru dengan pembawaan menarik di berbagai platform online.

Mereka juga menyiapkan Development Program yang merupakan program pengembangan skill dan sudah bekerjasama dengan banyak institusi pendidikan di Indonesia.

"Semuanya kami selenggarakan secara gratis dan bisa diikuti siapa saja” jelas Ayunda Zikrina, Head of Brand and Communication Team Niagahoster di acara Media Meet-Up, Selasa (24/5/2022).

Baca juga: Kemendag Apresiasi Inisiatif Korporasi Bantu UMKM Demi Percepat Transformasi Digital

Dia menjelaskan, dengan kebutuhan pembinaan bagi UMKM dan startup digital yang semakin tinggi, Development Program Niagahoster menjalin kerjasama dengan 1000 Startup Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk mengadakan program pembinaan berupa kelas intensif bagi UMKM dan startup pemula.

Digerakkan oleh urgensi link and match antara pendidikan tinggi dengan industri, para sivitas akademika berkolaborasi bersama para praktisi di bidang yang bersangkutan.

Lewat strategi ini program pengembangan skill dari Niagahoster, Development Program, mengambil peran dan berkolaborasi dengan berbagai institusi pendidikan.

Development Program Niagahoster membantu memastikan relevansi ilmu yang didapat di bangku pendidikan memiliki kesinambungan dengan kebutuhan di lapangan.

Untuk mengakselerasi pengembangan talenta digital di Indonesia, Development Program Niagahoster juga berkolaborasi dengan 1000 Startup Digital Kemenkominfo untuk membuat kelas intensif.

Muhammad Faisal, Subkoordinator Pengembangan dan Kerjasama Startup Digital Kementerian Komunikasi dan Informasi menambahkan, kementeriannya menginisiasi program 1000 Startup  sejak 2016 sebagai penggerak bagi ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, serta saling berbagi pengetahuan dan pengalaman. 1000 Startup Digital juga secara aktif membina talenta digital dengan program Sekolah Beta.

“Program 1000 Startup Digital Sekolah Beta: Kelas Intensif X Niagahoster ini ditujukan bagi pemilik usaha rintisan atau startup dan UMKM yang ingin belajar mengenai dasar pengetahuan digital dan pentingnya go digital bagi usahanya,” ungkap Muhammad Faisal.

Program 1000 Startup Digital Sekolah Beta: Kelas Intensif X Niagahoster diselenggarakan selama 5 hari pada 17-21 Mei 2022 dan menjadi pilot project yang ditujukan bagi usaha rintisan atau startup dan UMKM binaan 1000 Startup Digital asal daerah NTT/Kupang.

Menurut Faisal, kelas intensif ini memberikan bekal dan pembinaan bagi mereka, agar bisa langsung menuangkannya ke dalam praktik untuk membuat website bisnis atau company profile berbasis WordPress, serta mengoptimasi website menggunakan SEO.

Selama 5 hari, peserta mendapatkan pendalaman materi mengenai potensi Indonesia sebagai digital nation dan pentingnya skill dan pengetahuan digital, serta website sebagai aset digital.

“Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menjadi digital nation. Yang harus dilakukan adalah membina talenta-talenta digital dengan baik hingga ke seluruh penjuru negeri,” ujarnya.

Dengan program kelas intensif kolaborasi ini, Niagahoster dan 1000 Startup Digital berharap peserta bisa memahami pentingnya aset digital dan menjadi talenta digital yang berkualitas. 
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat