androidvodic.com

Mengenal Kreatoor, Platform Digital yang Mudahkan Para Blogger Hingga Podcaster Bikin Website - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA – Membuat website saat ini sangat mudah, termasuk website berbasis informasi seperti media online, blog, website info dan lain-lain.

Mendukung kebutuhan pembuatan website dengan cara gampang ini Kreatoor menawarkan platform sebagai alternatif pilihan bagi para pembuat konten seperti blogger, konten kreator, podcaster, educator bahkan media untuk mendapatkan penghasilan tanpa perlu clickbait.

Ramadhoni, founder Kreatoor menjelaskan, pada prinsipnya, Kreatoor merupakan membership platform alias platform berbasis keanggotaan yang bisa mengkonversi visitor website/fans menjadi member dan mendapat penghasilan tambahan dari website kamu melalui konten berlangganan ataupun support dengan memberikan donasi (tip).

Baca juga: Cara Melamar Kerja Selain dari Situs Lowongan Kerja, Coba Lewat Website Perusahaan

Model Bisnisnya Berlangganan

Ramadhoni memaparkan, website bisa menjalankan model bisnis berlangganan atau Subscription untuk mendapatkan alternatif penghasilan. Tidak selalu mengandalkan penghasilan dari iklan.

Subscription business model adalah sebuah model bisnis di mana visitor website diharapkan untuk membayar biaya berulang agar bisa mendapatkan akses ke konten tertentu secara berkelanjutan.

Model bisnis ini sudah berjalan sejak lama pada majalah dan surat kabar.
Pada era digital saat ini, model subscription ini bisa lebih berjalan lagi. Sudah banyak website atau media yang menjalankan ubscription business model.

Pada tahun 2020, New York Times memiliki member langganan digital sebanyak 7.5 million. Itu merupakan jumlah langganan terbesar New York Times.

The Economist meningkatkan pendapatan berlangganan digital tahunan sebesar 68 persen menjadi 288 juta AS pada tahun 2021.

Kreatoor sendiri mempunya fitur untuk website menjalankan subscription business tadi.

"Kami ingin membantu orang Indonesia mendapatkan konten yang berkualitas dan membantu pembuat konten untuk mendapatkan penghasilan dari konten dan karya mereka," beber Ramadhoni.

Baca juga: Percepat Transformasi Digital, AS Watson Gelontorkan Dana Rp 1,7 Triliun

Platform ini menyediakan plugin untuk WordPress dan Dashboard Kreatoor yang siap digunakan yang sudah terintegrasi dengan sistem pembayaran, membership, analitik dashboard.

Soal alasan dipilihnya Wordpress, karena WordPress telah merajai 60 persen pengguna CMS (Content Management System) di seluruh dunia seperti Joomla, Drupal, Magento dan Shopify berdasarkan hasil riset W3Tech, salah satu perusahaan konsultan Austria yang melakukan survei terhadap 10 juta situs teratas di peringkat Alexa.

Itu artinya, WordPress telah menguasai 30 persen pasar website di dunia.

Untuk menggunakan Kreatoor juga cukup mudah, pengguna hanya perlu daftarkan website Anda yang berbasis wordress ke Kreatoor.com. Install Pluginin, setting dashboard dan sudah integrasi dengan payment system. Seluruh proses ini hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit dan website sudah bisa live.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat