androidvodic.com

Samsung Berencana Sematkan Fitur Wi-Fi 7 pada Galaxy S24 - News

Laporan Wartawan News, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, SEOUL – Samsung selalu menjadi bagian dari Original Equipment Manufacturer (OEM) Android pertama yang menghadirkan Wi-Fi versi terbaru.

Baru-baru ini, raksasa teknologi asal Korea Selatan itu mengatakan bahwa smartphone pertama yang dilengkapi fitur Wi-Fi 7 akan keluar pada paruh kedua 2024.

Dilansir dari Sammobile, Kamis (22/9/2022) hal tersebut menandakan bahwa Galaxy S24 akan menjadi ponsel pintar pertama yang mengadopsi fitur Wi-Fi 7.

Baca juga: Spesifikasi Samsung Galaxy A04s, Dibanderol Rp 2 Jutaan

Sementara itu, Apple hingga saat ini masih menggunakan Wi-Fi 6 di berbagai perangkatnya, termasuk yang baru saja diluncurkan yakni iPhone 14.

Menurut DigiTimes, Wi-Fi 6E hanya akan menjadi "teknologi transaksional" karena Wi-Fi 7 siap diluncurkan pada 2024 mendatang.

Berbicara tentang fitur, Wi-Fi 7 akan dilengkapi saluran 300MHz dengan dukungan teknologi 4K quadrature amplitude modulation (QAM), memberikan kecepatan hingga 2,4x lebih cepat dibandingkan dengan Wi-Fi 6 dengan jumlah antena yang sama.

Selain itu, Wi-Fi 7 juga diharapkan mampu menghasilkan kecepatan setidaknya 30Gbps hingga 40Gbps.

Sebelum memulai debutnya untuk smartphone, fitur Wi-Fi 7 terlebih dahulu akan diadopsi untuk router dan laptop.

Berkat teknologi penghilang latensi baru, Wi-Fi 7 juga akan menyediakan koneksi yang stabil.

Pada awal tahun ini, MediaTek telah mendemonstrasikan Wi-Fi 7, dan Intel menyatakan bahwa mereka akan mengadopsi Wi-Fi 7 di laptop pada 2024.

Di samping itu, Qualcomm juga sedang mengerjakan opsi chip Wi-Fi 7 untuk mengadopsinya sedini mungkin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat