androidvodic.com

Menkominfo Johnny G Plate: Saat Ini Masih Ada 292 Kabupaten atau Kota Belum Beralih ke TV Digital - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika RI (Menkominfo) Johnny G Plate menyatakan, sejauh ini masih ada sekitar 292 dari 514 Kabupaten/Kota di Indonesia belum beralih dari TV analog ke digital atau analog switch off (ASO).

Padahal jika mengacu pada amanat Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja, keseluruhan kabupaten/kota yang ada di Indonesia harus sudah ASO pada 2 November 2022.

Sejauh ini, pemerintah bersama penyelenggara siaran swasta secara berkala melakukan pengecekan kesiapan seluruh wilayah tersebut.

"Masih terdapat 292 Kabupaten/Kota yang akan kita lakukan analog switch off sesuai kesiapan-kesiapan wilayah," kata Johnny saat jumpa pers di Kantor Kemenkopolhukam RI, Senin (24/10/2022).

Baca juga: Desak Masyarakat Beralih ke TV Digital, Menkominfo RI: Agar Bisa Nonton Siaran Piala Dunia 2022

Sejauh ini, kata Johnny yang menjadikan masih banyaknya wilayah belum ASO karena adanya keterbatasan dalam penyebaran perangkat set top box (STB).

Terlebih untuk masyarakat dengan kondisi perekonomian lemah. Kendati begitu, pemerintah kata Johnny telah membuka posko untuk melayani masyarakat soal peralihan TV analog ke digital ini.

"Posko di mana apabila nanti ternyata ada televisi masyarakat yang belum bisa menerima siaran digital, oleh karena belum tersedia set top box bagi keluarga miskin, maka kementerian Kominfo akan melayani sedapat mungkin," tuturnya.

Sementara yang sudah siap untuk peralihan TV analog ke digital hingga November 2022, baru ada sekitar 222 Kabupaten/Kota.

Rinciannya, kata Johnny, ada 8 kota dan Kabupaten di 4 wilayah siaran telah dilaksanakan analog switch off pada bulan April yang lalu.

Sedangkan untuk Jabodetabek yang terdiri dari 9 Kabupaten/Kota akan dilaksanakan analog switch off pada November 2022 dan 173 kabupaten kota non terestrial service atau tidak ada layanan TV terestrial.

"Dengan demikian ada 222 kabupaten kota yang total analog switch off," kata dia.

Johnny menyampaikan, sejauh ini pemerintah baru membagikan sekitar 98 persen perangkat STB ke beberapa warga kurang mampu untuk wilayah Jabodetabek.

Di mana untuk rasio pembagian perangkat STB itu dibagikan oleh pemerintah dan pihak penyelenggara siaran dalam hal ini televisi swasta.

"Untuk pemerintah menyiapkan sebanyak 359.617 set top box dan seluruh penyelenggara multiplex menyediakan 112.484, atau pemerintah menyiapkan 76 persen set top box Jabodetabek dan penyelenggara mux atau televisi swasta menyediakan 24 persen," tukas dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat