androidvodic.com

Pemerintah Dorong Pemain Sektor Telekomunikasi Aktif Bangun Infrastruktur Jaringan Sampai ke Pelosok - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah terus mendorong para pemain sektor telekomunikasi aktif membangun infrastruktur jaringan sampai ke pelosok.

Menurutnya, pemerintah juga terlibat dalam penyediaan jaringan tulang punggung melalui proyek Palapa Ring dan satelit multifungsi Satria.

“Di sisi hilir, pemerintah bekerja sama dengan berbagai mitra untuk mengadakan pelatihan keterampilan teknologi digital,” ucap Menko Luhut dalam peluncuran East Ventures – Digital Competitiveness Index (EV-DCI) 2023 dikutip Kamis (6/4/2023).

Baca juga: Mitratel Siapkan Belanja Modal Rp7 Triliun untuk Lanjutkan Akuisisi Menara Telekomunikasi

Pemerintah juga, imbuh Luhut, menggelar pelatihan literasi dan pembinaan usaha agar pelaku usaha kecil dan menengah melek pemasaran digital melalui program Bangga Buatan Indonesia.

“Dan yang terpenting saat ini adalah pemerintah ingin kebijakan yang menyangkut dengan masalah koordinasi antara pusat dan daerah yang seringkali tidak selaras menjadi lebih baik ke depannya,” tuturnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap pertumbuhan digital dapat dinikmati semua rakyat Indonesia.

Airlangga menuturkan ekonomi digital diharapkan mempunyai ekonomi yang inklusif, agile, berkelanjutan, serta dapat memastikan bahwa rakyat Indonesia bisa memanfaatkan pertumbuhan digital tersebut.

“Dalam kerangka pengembangan ekonomi digital 2022-2030, tentu ini dapat berkontribusi untuk mencapai visi negara Indonesia 2045," kata Airlangga.

Co-Founder dan Managing Partner East Ventures Wilson Cuaca mengatakan perkembangan digital yang pesat dan mulai merata ini terjadi di dalam kepemimpinan Presiden Joko Widodo bersama dengan semua jajaran pemerintah yang terlibat.

“Dengan infrastruktur digital yang kuat dan merata, bertumbuhnya inovasi baru di segala sektor yang inklusif dan berkesinambungan, dan dukungan seluruh pemangku kepentingan, mulai dari investor, founder, startup, konsumen, perusahaan swasta hingga BUMN, kita melangkah lebih cepat dan lebih dekat dalam mencapai keadilan digital bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujar Wilson.

East Ventures, perusahaan venture capital yang terbuka pada seluruh sektor (sector-agnostic) bersama Katadata Insight Center dan PwC Indonesia meluncurkan East Ventures – Digital Competitiveness Index (EV-DCI) 2023, yang menjadi edisi ke-4 sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2020.

Laporan riset EV-DCI 2023 merupakan pengukuran daya saing digital Indonesia dengan tema Keadilan digital bagi seluruh rakyat Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat