androidvodic.com

Menkominfo: Akses Internet Optimal Selama Penyelenggaraan ASEAN Summit 2023 - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memastikan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN akan dilengkapi dengan akses telekomunikasi dan jaringan internet berkualitas.

Penyediaan jaringan internet saat acara merupakan hasil kerja sama dengan penyelenggara layanan telekomunikasi, terutama PT Telkom Indonesia.

Johnny menyebut pihaknya terus menyiapkan kualitas jaringan internet yang mencukupi sebagai kebutuhan siaran selama perhelatan berlangsung.

"Termasuk jaringan seluler maupun fixed network-nya. Agar bandwidth yang cukup, sehingga upload dan download data nanti bisa dilakukan dengan baik dan memadai,” kata Johnny dalam keterangannya, dikutip Kamis (4/5/2023).

Selain itu, Johnny berujar Kementerian Kominfo dan PT Telkom Indonesia juga menyiapkan jaringan back-up.

Hal itu guna menjamin jaringan internet tetap optimal selama penyelenggaran KTT ke-42 ASEAN. Kata Johnny, prosesnya hampir rampung.

“Sudah hampir lengkap atau sebentar lagi rampung 100 persen siap. (Jaringan Sistem Komunkasi Kabel Laut, red) perlu kita perhatikan betul-betul agar KTT ASEAN ke-42 ini berjalan lancar dan masyarakat kita mendapat manfaatnya,” katanya.

Selain pemantauan yang dilakukan dari NOC PT Telkom Indonesia di Manggarai Barat, Kementerian Kominfo juga menyiagakan Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika yang ada di Surabaya, Denpasar, Mataram, dan Kupang.

Baca juga: Momentum KTT ASEAN, BUMN Akan Kembangkan Labuan Bajo Sepopuler Bali

Johnny mengatakan, tugas mereka adalah mengawasi spektrum frekuensi selama penyelenggaraan KTT ASEAN.

"PT Telkom pun sudah menyiapkan pemantauan agar tidak terjadi interference spektrum frekuensi. Saya berharap tentu melalui Network Operation Center di sini bisa melakukan monitoring dengan baik,” ujar Johnny.

Senada dengan Menkominfo, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan jaringan telekomunikasi yang optimal merupakan kunci kesuksesan KTT ke-42 ASEAN 2023.

Baca juga: KTT ASEAN Bakal Bahas Kesiapan dan Tantangan Negara Anggota di Masa Depan

"Publik sekarang menunggu dengan seksama apa yang dihasilkan dari KTT ini dan itu bisa di-deliver teman-teman media ke publik sebagai jembatan, maka kuncinya ada di sini," katanya.

Berkaca dari penyelenggaraan KTT G20 di Bali pada November 2022, Moeldoko menyatakan sejauh ini semua persiapan layanan telekomunikasi berjalan dengan baik.

“Segala hal teknis berkaitan kualitas jaringan harus dirinci dengan baik kemungkinan-kemungkinan yang mengganggu,” ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat