androidvodic.com

Mahfud MD: Pembangunan Tower BTS BAKTI Kominfo di Wilayah 3T Tetap Dilanjutkan - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Kominfo Mahfud MD menegaskan proyek BTS yang diduga dikorupsi oleh Sekjen Nasdem Johnny G Plate dan lima tersangka lainnya akan diusahakan untuk dilanjutkan.

Ia mengatakan proyek tersebut diusahakan dilanjutkan karena merupakan proyek multiyears yang sudah berlangsung selama 14 tahun.

Apabila proyek tersebut tidak dilanjutkan, kata dia, maka akan muncul kerugian.

"Pisahkan proyek itu akan jalan sebagai bagian dari strategi kebijakan nasional kita di bidang komunikasi dan informasi dengan teknologi yang canggih dan mutakhir," kata Mahfud di Kementerian Kominfo Jakarta pada Senin (22/5/2023).

Mahfud juga menegaskan kasus hukum yang menjerat Johnny dan lima tersangka lainnya akan terus diproses di Kejaksaan Agung.

"Bedakan juga dengan kasus hukumnya, kasus hukum akan terus dijalankan sesuai dengan apa yang dilakukan oleh Kejaksaan Agung," kata Mahfud.

Terkini, Mahfud mengatakan proyek pembangunan tower base transceiver station (BTS) sudah direncanakan sejak lama.

Proyek pembangunan menara BTS di wilayah 3T sangat penting untuk mendukunbg kebutuhan komunikasi masyarakat Indonesia dan akan terus dilanjutkan.

“Saya melaporkan berdasar hasil dokumen dan analisis yang saya peroleh, jadi ini adalah proyek BTS yang sudah direncanakan sudah lama dan itu penting bagi rakyat Indonesia dan harus diteruskan,” kata Mahfud di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, (22/5/2023).

Baca juga: Johnny G Plate Diklarifikasi soal Kerugian Negara Rp8,32 T Terkait Kasus Korupsi BTS Bakti Kominfo

Proyek tersebut berlangsung sejak 2006 dan berjalan baik hingga 2019. Proyek baru bermasalah pada 2020, ketika anggaran dicairkan sebesar 10 triliun dari total Rp28 triliun.

Masalah diketahui setelah dalam laporan pertanggungjawaban, tower BTS tersebut tidak ada yang berdiri.

“Tetapi, pada bulan Desember ketika laporan harus disampaikan dan penggunaan dana itu harus dipertanggungjawabkan, ternyata sampai Desember tahun 2021 barangnya enggak ada, BTS-nya itu tower-towernya itu tidak ada,” katanya.

Baca juga: Berkas Perkara Lengkap, Direktur Utama BAKTI Kominfo Segera Disidang

Dengan alasan adanya Pandemi Covid-19, pelaksana proyek lalu meminta perpanjangan pembangunan BTS hingga Maret 2022.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat