androidvodic.com

Fordigi: Indonesia Butuh 9 Juta Talenta Digital Dalam 15 tahun - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Ketua Umum Forum Digital BUMN (Fordigi) Muhamad Fajrin Rasyid mengatakan mahasiswa harus dapat mengoptimalisasi pemanfaatan fasilitas digital.

Fasilitas digital, menurut Fajrin, dapat dimanfaatkan untuk pembaruan bagi lingkungan di sekitarnya.

“Saya berharap rekan-rekan mahasiswa tergerak mengambil peranan sebagai talenta digital yang memiliki literasi digital yang tinggi, berpikiran kritis, berkomunikasi efektif, adaptif dan berkolaborasi serta menjadi problem solver yang dapat menyelesaikan masalah dengan berbasis digital untuk menyelesaikan masalah dan menjawab tantangan masa mendatang,” kata Fajrin melalui keterangan tertulis, Rabu (24/5/2023).

Hal tersebut diungkapkan oleh Fajrin saat membuka Fordigi Goes to Campus ITB, di Sasana Budaya Ganesha, Bandung.

Kebutuhan sumber daya manusia (SDM) atau talenta digital, kata Fajrin, semakin besar seiring dengan perkembangan teknologi informasi di Indonesia.

Baca juga: Perkembangan Teknologi Digital Dongkrak Penjualan Sektor UMKM

"Indonesia diproyeksikan membutuhkan setidaknya 9 juta digital talent dalam 15 tahun atau kurang lebih membutuhkan sekitar 600.000 talenta digital per tahunnya," kata Fajrin.

Sebagai bagian dari upaya percepatan akselerasi transformasi digital, Fordigi Bidang Ecosystem Development merumuskan serangkaian program kerja transformasi digital, dan melakukan assesment terhadap talenta digital, khususnya dari lingkungan universitas.

Seperti diketahui, Fordigi sebagai mitra Kementerian Badan Usaha Milik Negara melakukan road show ke kampus-kampus yang ada di 10 kota besar dengan program “Fordigi Goes to Campus” untuk menggali talenta-talenta digital dari berbagai kampus di Indonesia.

Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi kampus pertama dari 10 kampus lainnya dalam program ini.

Program ini terdiri dari rangkaian kegiatan mulai dari seminar hybrid, hackaton, deepracer league dan call for paper UU Perlindungan Data Pribadi (PDP).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat