androidvodic.com

Proyek Reality Labs Tak Kunjung Rampung, Mark Zuckerberg Boncos 21,3 Miliar Dolar AS - News

Laporan Wartawan News Namira Yunia Lestanti

News, CALIFORNIA – Selama dua tahun terakhir, Bos Meta Mark Zuckerberg dilaporkan telah mengalami pembengkakan kerugian hingga mencapai 21,3 miliar Dolar AS akibat membiayai proyek Reality Labs.

Kerugian ini meningkat tajam, lantaran biaya pengeluaran yang digunakan Meta untuk mendanai operasional Reality Labs membengkak sebanyak 23 persen bila dibandingkan dengan tahun lalu.

Mengutip dari Techcrunch selama tahun 2023 ini, Reality Labs telah mencatatkan kerugian 3,99 miliar dolar AS.

Baca juga: Pengguna Aplikasi Threads Langsung Meroket, Mark Zuckerberg Klaim Tembus 70 Juta di Seluruh Dunia

Alasan ini yang membuat Meta terus mengalami lonjakan pengeluaran hingga harta kekayaan Mark Zuckerberg susut dari 76,8 miliar atau di 2021 menjadi 57,7 miliar dollar AS pada awal tahun kemarin.

Tak hanya itu imbas biaya operasional Reality Labs yang membengkak, Mark Zuckerberg terdepak dari daftar 10 orang terkaya di Amerika Serikat, lantaran posisi Zuck merosot tajam dari peringkat 3 menjadi 11 dalam daftar orang terkaya AS versi "The Forbes 400".

Baru - baru ini Meta juga terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) pada 10.000 stafnya untuk menekan kerugian perusahaan.

Sebelum Meta boncos, pada tahun lalu Reality Labs diketahui juga telah mencatatkan pembekakan kerugian US lebih dari 13,7 miliar.

Sejumlah Investor bahkan mempertanyakan ambisi metaverse Zuckerberg yang awalnya digadang – gadang menghasilkan cuan justru membuat keuangan Meta berdarah.

Meski proyek Metaverse Reality Labs mendapat banyak respon negatif dari sejumlah pihak, namun Zuckerberg optimis dunia digital buatannya akan membuahkan hasil hingga perusahaan dapat mengalahkan platform pesaing seperti Apple, Google, dan Amazon.

Optimisme ini diserukan Zuckerberg setelah penjualan perangkat VR yang dinamakan Quest diserbu sejumlah pelanggan, Zuckerberg percaya potensi metaverse dan kecerdasan buatan (AI) yang belakangan booming akan saling berkesinambungan dimasa yang akan datang.

Rencananya untuk mengembangkan proyek dunia virtual Meta, dalam waktu dekat akan merilis perangkat virtual reality (VR) versi terbarunya, yaitu Quest 3.

“Kami masih memiliki pandangan optimis terkait potensi metaverse dan kecerdasan buatan (AI). Terlepas dari kerugian besar, dua gelombang teknologi yang kami kendarai adalah AI dalam waktu dekat dan metaverse dalam jangka panjang,” ujar Zuckerberg

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat