androidvodic.com

ITE 2023 Resmi Dibuka, Tampilkan Ragam Teknologi untuk Pengembangan Smart City - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Pameran dan Forum Teknologi Terpadu (Integrated Technology Event) 2023 resmi dibuka hari ini ol3h Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu 30 Agustus 2023.

Event ini merupakan hasil kolaborasi Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri bersama PT Napindo Media Ashatama dan menampilka beragam teknologi dan solusi pengembangan smart city (kota cerdas).

iTE 2023 juta mengintegrasikan sektor pendukung kota cerdas mulai dari pengelolaan air bersih, pengelolaan limbah, pengelolaan sistem keamanan, proteksi kebakaran, dan sistem transportasi cerdas sehingga dapat menjadi wadah yang tepat untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah.

Baca juga: Dukung Smart City Kota Makassar, Ditlantas Polda Sulsel Siap Kolaborasi Kembangkan ETLE

ITE 2023 terdiri dari rangkaian pameran dan forum internasional seperti Indo Water, Indo Waste, Indo Renergy, Indo Security, Indo Firex, dan Indonesia International Smart City 2023 Expo & Forum. Project Director PT Napindo Media Ashatama (Napindo), Agung Wicaksono menyampaikan, ITE tahun ini dilaksanakan di area seluas 6.339 sqm, diikuti oleh lebih dari 500 peserta dari 28 negara, termasuk di dalamnya 6 paviliun negara, antara lain Indonesia, Tiongkok, Jerman,  Korea Selatan, Swiss, dan Taiwan.

“ITE 2023 menjadi pameran yang spesial karena menampilkan beragam perkembangan teknologi digital mutakhir yang menjadi fitur utama penyediaan kota cerdas. Kegiatan ini menghubungkan berbagai pihak dan pemangku kepentingan sekaligus menyediakan peluang investasi yang diharapkan dapat membantu peningkatan perekonomian dan percepatan pengembangan kota cerdas di tanah air,” ujar Agung.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian, di JIExpo Kemayoran Jakarta. Tito Karnavian dalam pembukaan hari ini sangat mengapresiasi gelaran Integrated Technology Event (ITE) 2023. 

Dia mengatakan “Forum seperti pameran, eksibisi ini sangat penting bagi para providers, exhibitors untuk menyampaikan apa penemuan baru mereka. Dan kemudian para users baik government atau non-government, private sectors, mereka juga perlu untuk mengetahui dan melihat apa yang ditemukan, apa yang ditawarkan yang baru, yang mungkin akan lebih efektif, lebih simpel, lebih membantu dibanding teknologi sebelumnya.”

ITE 2023 berlangsung selama tiga hari, 30 Agustus - 1 September 2023 dan menargetkan dikunjungi lebih dari 15 ribu pengunjung. “Mari kita jadikan acara ini sebagai kesempatan untuk berkoneksi, belajar, dan merayakan potensi tak terbatas yang teknologi tawarkan dengan semangat melangkah bersama menuju era teknologi terintegrasi," ujar Agung.P

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat