androidvodic.com

Telkomsel Gandeng AWS untuk Percepatan Transformasi Digital - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) menggandeng Amazon Web Services (AWS), anak perusahaan Amazon.com, sebagai penyedia layanan cloud untuk meningkatkan fleksibilitas TI perusahaan.

Selain itu, Telkomsel juga ingin mendorong efisiensi operasional dan mempercepat peluncuran layanan pelanggan baru yang inovatif.

Sebagai bagian dari transformasi digitalnya, Telkomsel akan memigrasikan berbagai aplikasi TI ke AWS, termasuk kanal pelanggan di front end, Telkomsel Gaming Store Front, middleware, hingga machine learning.

Baca juga: Telkomsel Umumkan Best Talents IndonesiaNEXT Season 7, Talenta Digital Muda Berdaya Saing Global

Migrasi ini akan membantu Telkomsel meningkatkan pengalaman pengguna dengan menawarkan layanan baru kepada lebih dari 153 juta pelanggannya.

Hal ini menjadi sangat penting mengingat Indonesia mencatatkan pertumbuhan pengguna smartphone tercepat di dunia.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, mengatakan dengan memanfaatkan teknologi cloud computing unggulan AWS, pihaknya membuka semua peluang masa depan untuk perusahaan.

"Berkolaborasi dengan AWS Asia Pacific (Jakarta) Region, telah memastikan bahwa data kami dilindungi berbagai langkah sistem keamanan yang andal dan membantu kami dalam kepatuhan terhadap regulasi di Indonesia," tutur Hendri, Rabu (4/10/2023).

Secara keseluruhan, Telkomsel menjalankan 15 aplikasinya di AWS, termasuk MyTelkomsel, DigiPos Aja!, Telkomsel Gaming Store Front, Enterprise Service Bus dan beberapa platform data lainnya.

Direktur IT Telkomsel Bharat Alva, menyampaikan dengan kekuatan cloud services komprehensif yang terbaik di dunia dari AWS, Telkomsel sedang memodernisasi berbagai aplikasi perusahaan, menciptakan model operasi baru menuju DevSecOps dan meningkatkan keterampilan sumber daya manusia untuk mendorong transformasi sebagai bagian dari Cloud Center of Excellence.

Baca juga: Cara Beli Masa Aktif Kartu Telkomsel, Beserta Harga Paketnya

"Kami mempercepat transformasi digital, mendorong Telkomsel ke masa depan konektivitas, inovasi, dan pengalaman pelanggan terbaik," ucap Bharat Alva.

Dengan menggunakan AWS, Telkomsel dapat meluncurkan infrastruktur baru dalam kurun waktu kurang dari satu jam, menghemat waktu hingga tujuh hari, serta meluncurkan aplikasi dan layanan digital baru hingga 40 persen lebih cepat.

"Perusahaan telekomunikasi yang berpikiran maju seperti Telkomsel memanfaatkan cloud untuk berinovasi lebih cepat dalam memberikan pengalaman digital yang unik kepada masing-masing pelanggan di skala mana pun, sekaligus menghemat biaya," jelas managing director at AWS in ASEAN Conor McNamara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat