androidvodic.com

China Luncurkan Layanan Internet Supercepat, Diklaim Tembus 1,2 Terabit per Detik - News

Laporan Wartawan News, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, BEIJINGChina resmi meluncurkan layanan internet generasi berikutnya dengan kecepatan mencapai 1,2 terabit per detik.

Kecepatan ini sepuluh kali lebih cepat dibandingkan kebanyakan rute internet utama saat ini dan menandai lompatan signifikan dalam internet global.

Baca juga: Survei 20 CEO & CTO: Internet 5G Mempengaruhi Keputusan Berinvestasi di Teknologi AI

Pencapaian luar biasa ini merupakan hasil kolaboratif yang melibatkan Universitas Tsinghua, China Mobile, Huawei Technologies, dan Cernet Corporation.

Otoritas China mengatakan layanan ini akan mencakup lebih dari 3.000 kilometer dan menghubungkan beberapa kota besar seperti Beijing, Wuhan, dan Guangzhou melalui sistem kabel serat optik yang ekstensif.

“Koneksi Beijing-Wuhan-Guangzhou adalah bagian dari proyek Infrastruktur Teknologi Internet Masa Depan (FITI) yang ambisius, yang sedang dibuat selama satu dekade dan merupakan kelanjutan dari Jaringan Pendidikan dan Penelitian Tiongkok (Cernet),” kata juru bicara Kementerian Informasi dan Komunikasi China, Selasa (14/11/2023).

Proyek FITI, di bawah kepemimpinan Wu Jianping dari Chinese Academy of Engineering, bertujuan tidak hanya untuk menciptakan jalur supercepat, tetapi juga meletakkan dasar bagi internet yang lebih cepat di masa depan.

Sementara Wakil Presiden Huawei Technologies Wang Lei juga menyoroti kapasitas jaringan yang luar biasa, yang mampu mentransfer data setara dengan 150 film definisi tinggi atau High Definition hanya dalam satu detik.

Di luar kemampuan teknisnya, jaringan ini sangat penting untuk pendidikan nasional, penelitian, dan kebutuhan baru dalam transfer data untuk aplikasi seperti kendaraan listrik (EV) yang terhubung dan teknologi industri 5G.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat