androidvodic.com

Game Jadi Industri Menjanjikan, Developer Lokal Curi Perhatian di Level Internasional - News

Laporan Wartawan News Eko Sutriyanto

News, JAKARTA - Dunia game Tanah Air kini berkembang pesat seiring kemunculan-kemunculan developer lokal bertalenta dan menjadikan Indonesia pemain utama di Asia Tenggara.

Jumlah gamers di Indonesia saat ini ditasir mencapai 100 juta orang dengan perputaran uang di industri ini mencapai Rp40 triliun dan menjadikan Indonesia pasar game terbesar di Asia Tenggara.

Sejumlah game bikinan developer lokal telah mencuri perhatian dunia seperti Dreadout dan A Space for The Unbound yang masuk ke nominasi penghargaan tingkat internasional.

Founder Creativeintel Ishak Reza mengatakan, perkembangan dunia game ini perlu mendapatkan dukungan dan kolaborasi banyak pihak.

"Dengan bersama-sama menjalin kerja sama yang kuat, bisa mengangkat industri game tanah air ke puncak kesuksesan dan menyemarakkan inovasi di setiap langkahnya,” tutur Ishak Reza, Chief Creative Officer (CCO) mahakaX dan founder creativeintel saat pengumuman penyelenggaraan Gamers to Gamers Festival di Jakarta, Selasa (5/12/2023).

Secara global, Indonesia masuk 16 terbesar, masih berada di bawah Jepang, Cina, Korea Selatan dan dari jumlah itu 80 persen berasal dari mobile game atau game yang dimainkan di perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

Terkait penyelenggaraan Gamers to Gamers Festival di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta 9-10 Desember 2023 mendatang, Chief Creative Officer (CCO) mahakaX ini menyebutkan, kegiatan ini untuk mendorong perkembangan industri gaming Tanah Air dan jadi bentuk konkret dari dukungan terhadap para pengembang game di tanah air.

Baca juga: 5 Hero Fighter Mobile Legends yang Bisa Solo Carry di Rank Game: Fredrinn Jadi Favorit

"Beragam aktivitas selama G2G Festival 2023 antara lain exclusive game showcase dari beberapa developer game tanah air, industry insight yang akan diisi oleh penggiat industri game, community event, music performance, hingga experiential area di mana para pengunjung dapat menikmati instalasi game-game terfavorit," katanya.

Rivaldo Sutanto, co-founder dari The Lazy Media mengatakan, pecinta game Tanah Air bisa mendapatkan pengalaman datang ke sebuah festival yakni bertemu dengan banyak sekali komunitas maupun developer game sekaligus memainkan game-game favorit mereka di sana” tambah Aldo.

Baca juga: KPAI: Angka Kekerasan di Sekolah Meningkat, Dipengaruhi Game Online dan Media Sosial

Jika tahun lalu mengusung tema abad pertengahan (Medieval), kali ini G2G Festival membawakan tema Japan District. G2G Festival 2023 berharap dapat memberikan pengalaman yang tidak terlupakan seperti berada di game bertemakan kota Jepang .

“Kami sendiri berharap dengan tema yang diusung kali ini, G2G Festival dapat memberikan pengalaman yang berbeda dan unik bagi para pecinta game di Tanah Air," kata Rivaldo Sutanto.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat