androidvodic.com

Gandeng Unpad, Yandex Bahas Pengembangan Kecerdasan Buatan: Keamanan jadi yang Terdepan - News

News - Perusahaan teknologi internasional, Yandex kembali menggelar seminar Kecerdasan Buatan (AI) dan Etika.

Kali ini, perusahaan search engine asal Rusia itu menggandeng Universitas Padjadjaran (UNPAD), Senin (22/1/2024).

Di Unpad, VP Strategy Yandex Search, Alexander Popovskiy memberikan gambaran umum tentang solusi AI Yandex dan bagaimana solusi tersebut diintegrasikan ke dalam ekosistem Yandex.

Ia juga berbagi prinsip Yandex saat mengembangkan solusi kecerdasan buatan.

Misalnya mengembangkan AI yang aman, mematuhi standar keselamatan, dan menciptakan teknologi yang tidak memihak dan secara akurat mencerminkan realitas.

"Saat membuat dan melatih model machine learning (ML), para insinyur mengandalkan berbagai prinsip dan yang terpenting adalah keamanan."

"Keakuratan jawaban dan kegunaan jaringan saraf secara umum juga penting, tapi keamanan selalu menjadi yang terdepan," tegasnya.

Group Head of Anti-Fraud UGC Services at Yandex Search, Andrey Budilov mendemonstrasikan bagaimana Yandex melindungi pengguna dari konten menyesatkan di peta dan layanan navigasi.

Pengguna dapat mengandalkan layanan ini untuk menemukan tempat seperti restoran dan toko serta ulasan pengguna lain membantu mereka memutuskan tempat mana yang akan dipilih.

Namun, ulasan jujur bisa saja diselingi dengan ulasan palsu, yang pada akhirnya merusak pengalaman pengguna.

Sehingga model ML dilatih untuk mengidentifikasi dan melarang ulasan palsu yang diberikan penipu, tanpa memengaruhi konten UGC yang jujur.

Baca juga: UGM dan Yandex Gelar Kampanye Kecerdasan Buatan, Kominfo Dorong Pengembangan Etika AI di Pendidikan

Sementara itu, Ketua Departemen Ilmu Komputer Unpad, Setiawan Hadi mengatakan, AI berimbas pada kreativitas dan inovasi di sejumlah bidang, tak hanya pada ilmu komputer.

Oleh karena, kelompok sivitas akademika perlu mempertimbangkan potensi dampaknya terhadap bisnis, ilmu sosial, dan seni.

Dosen Departemen Ilmu Komputer Unpad, Asep Sholahuddin memberikan gambaran umum tentang AI dan berbagai subbidang serta aplikasinya serta potensi penyalahgunaan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat