androidvodic.com

Kominfo: Industri Media Mulai Terdampak Teknologi Kecerdasan Buatan, Ini Buktinya - News

Kominfo: Industri Media Kian Terdampak Teknologi Artificial Intelegence, Ini Buktinya

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan industri media massa kini mulai terdampak oleh kehadiran teknologi kecerdasan buatan atau biasa disebut artificial intelligence (AI).

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kominfo, Usman Kansong menjelaskan, kehadiran AI kepada dunia pers negatif maupun positif.

Dampak negatifnya, AI dapat melanggar hak cipta. Usman mengatakan, salah satu contoh kasusnya telah terjadi di Amerika Serikat.

Perusahaan media terkemuka New York Times menggugat Microsoft Corp. dan OpenAI Inc. karena diduga menggunakan kontennya untuk mengembangkan layanan AI.

Microsoft dan OpenAI dituduh mengandalkan sejumlah artikel yang memiliki hak cipta untuk melatih chatbot seperti ChatGPT dan fitur-fitur AI lainnya dan menyebabkan kerugian hukum dan aktual.

"Ada dua pilihan dalam penggunaan AI di media. Pertama, mempersoalkan atau menggugat seperti yang dilakukan oleh New York Times," ungkap Usman dalam Forum Diskusi Media dengan Tema: AI Dan Keberlanjutan Media yang berlangsung di Jakarta, Senin (29/1/2024).

Diketahui, AI secara spesifik dapat digunakan dalam membuat karya jurnalistik atau artikel pemberitaan yang dipublikasikan melalui ruang digital.

Bahkan kini AI dapat digunakan dalam menemukan sudut pandang konstruksi berpikir, meneruskan badan berita, hingga analisis data besar untuk mengidentifikasi tren.

Baca juga: Kalah Telak dari Hamas di Perang Digital, Israel Beli Kecerdasan Buatan Buat Setel Propaganda Medsos

Selain soal hak cipta, AI dalam industri media massa juga dapat berdampak terhadap efisiensi Sumber Daya Manusia (SDM).

AI sendiri sudah terbukti mampu menggantikan peran manusia.

Usman kembali mencontohkan, sebuah perusahaan media di Korea Selatan telah menggantikan peran Presenter televisi dengan AI. Menurutnya, AI terbukti lebih efisien.

"Karena wartawannya AI yang virtual itu kan nggak akan minta penuntutan kenaikan gaji, enggak akan Memprotes bos nya," ucap Usman.

Baca juga: Ancaman Teknologi AI Ganti Karyawan Mulai Nyata, Google PHK Ratusan Staf

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat