androidvodic.com

Gim Indonesia Unjuk Gigi di World Cyber Games 2024 - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Presiden Jokowi telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional.

Pilar ke-7 Perpres tersebut menekankan pentingnya peningkatan aktivasi dan apresiasi terhadap produsen gim nasional melalui penyelenggaraan kegiatan berskala nasional, regional, dan global.

Mendukung upaya tersebut, Indonesia akan memjadi menjadi tuan rumah penyelenggaran World Cyber Games (WCG), festival multi-gim terbesar di dunia di tahun 2024 ini.

Ben Choi, Business Team Lead WGC 2024 mengatakan, event serupa telah diselenggarakan sejak 2001 yang melibatkan 111 negara, 76 gim, dan 1,5 juta pemain gim dari seluruh dunia.

"Rangkaian kegiatan WCG 2024 ini akan diadakan di berbagai negara di Asia Tenggara, Jepang, dan Korea Selatan, dengan puncak festivalnya di Indonesia," ujarnya, Selasa, 4 Juni 2024.

Baca juga: KPAI: Industri Gim Jangan Sampai Korbankan Masa Depan Anak

Event ini menjadi momen bersejarah karena untuk pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah puncak festival WCG yang akan berlangsung pada 31 Agustus sampai 1 September 2024, dan Lokapala, gim buatan Indonesia, menjadi salah satu official game di ajang bergengsi ini.

Rangkaian acara Forum Bisnis Ekonomi Kreatif akan mengawali Festival WCG dan akan dihadiri oleh berbagai stakeholder industri konten dari berbagai negara dan 100 top influencers dari Asia Tenggara dan Korea Selatan yang akan menghadiri Festival World Cyber Games 2024.

Menurutnya, ini adalah kesempatan emas untuk mendorong gim developer lokal untuk dapat melakukan aktivasi di Asia Tenggara, melalui influencer marketing dan sekaligus menarik investasi domestik maupun asing.

Disebutkan, partisipasi gim lokal di festival WCG 2024 dengan konsep barunya ini diharapkan dapat mendorong akses market gim lokal di kawasan Asia Tenggara dan global.

Selain menampilkan gim Lokapala sebagai salah satu official game di WCG 2024, ajang ini juga akan menampilkan area khusus untuk memamerkan gim-gim unggulan Indonesia yang lain.

Untuk aktivasi dan apresiasi gim nasional di tingkat regional, influencer-influencer dari mancanegara ini diundang untuk bermain dan mempromosikan gim-gim buatan Indonesia.

Pentingnya influencer marketing di dalam ekosistem esports, karena live streaming gim dapat meningkatkan awareness dan visibilitas gim-gim lokal.

Melalui World Cyber Games 2024, Indonesia tidak hanya menunjukkan potensinya sebagai tuan rumah acara internasional, tetapi juga mengukuhkan posisinya sebagai pemain kunci dalam industri gim global.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat