androidvodic.com

Penyebab Pengguna Internet Indonesia Masih Lebih Pilih Ekstensi .com Ketimbang .id - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan EP

News - Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI) memiliki peranan penting dalam memfasilitasi pendaftaran dan pengelolaan nama domain dengan eksistensi .id.

PANDI mencatat total pengguna domain .id per 31 Desember 2023 yaitu sebanyak 951.421, naik 31 persen dari tahun sebelumnya sebesar 726.305.

Namun jumlah pengguna domain .id tersebut masih sangat kecil, yaitu hanya 0,4 persen jika dibandingkan dengan total pengguna internet di Indonesia sebanyak 215 juta berdasarkan survei APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) tahun 2023.

Data yang dimiliki perusahaan penyedia web hosting dan layanan digital Exabytes menyebutkan bahwa pengguna domain .co.id dan .id hanya sekitar 25.43%.

Sedangkan pengguna domain .com cukup signifikan 44.67% dari total keseluruhan pengguna domain di Exabytes.

Exabytes kini menjalin kolaborasi dengan PANDI untuk mendorong pertumbuhan digitalisasi bisnis di Indonesia.

Indra Hartawan, Country Manager Exabytes Indonesia menjelaskan, hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman masyarakat Indonesia akan penggunaan domain lokal.

Indra menyebut, pihaknya yakin kalau penggunaan domain.id harus terus digalakkan karena domain tersebut merupakan bentuk identitas digital Indonesia untuk menguasai sektor digital.

Baca juga: Pandi Inisiasi Penggunaan Domain ID di Teknologi Blockchain

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan PANDI dalam mendorong upaya digitalisasi di Indonesia," ujarnya dikutip dari keterangan pers, Kamis, 6 Juni 2024.

"Dengan memaksimalkan keahlian kami di bidang web hosting dan solusi digital, serta pengalaman PANDI yang luas dalam pengelolaan domain, kami berharap dapat menginspirasi dan membantu lebih banyak lagi pelaku usaha dan individu untuk memanfaatkan kekuatan internet dalam mencapai tujuan mereka," kata dia.

Melalui program ini, pihaknya berupaya menggerakkan revolusi digital di Indonesia dengan mendorong penggunaan nama domain secara luas sebagai landasan pembentukan identitas dan branding online.

Baca juga: Kadin Indonesia dan PANDI Kerja Sama Dukung Domain .id untuk Identitas Digital Indonesia

Dengan memberikan dukungan yang komprehensif, diharapkan dapat membuka jalan menuju Indonesia yang lebih inklusif dan dinamis secara digital.

"Bersama, kita dapat memanfaatkan kekuatan teknologi untuk mendorong perubahan positif dan menciptakan dunia yang lebih sustainable untuk generasi yang akan datang," ungkap Indra Hartawan.

"Melalui kolaborasi dengan Exabytes, penyedia web hosting dan layanan digital terpercaya, memiliki komitmen bersama untuk memperkuat bisnis dan individu di Indonesia dengan penggunaan domain .id yang lebih luas, sehingga dapat menjadi katalisator bagi transformasi digital bisnis di Indonesia," kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat