androidvodic.com

Sistem Imigrasi RI Down, Layanan di Bandara Macet, Masyarakat Tumpahkan Kekesalan di Medsos - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Gangguan layanan imigrasi secara nasional hari ini akibat gangguan pada Pusat Data Nasional (PDN) di Kementerian Kominfo membuat masyarakat yang sedang membutuhkan layanan imigrasi frustrasi, Kamis, 20 Juni 2024.

Antrean panjang terjadi di Bandara Soekarno-Hatta, Banten. Mereka kemudian menumpahkan kekesalan dan keluh kesahnya di media sosial.

Masyarakat bernama Jessica pemilik akun X @jessw** menyebut saat sistem imigrasi down dan tidak ada pihak imigrasi di lokasi yang bisa bertanggung jawab akan hal itu.

"Sistem imigrasi bisa down. Luar biasa banget dan ga ada org yg tanggung jawab on site @ditjen_imigrasi," tulisnya dalam unggahan tersebut.

Saat itu pemilik akun ini sedang membutuhkan layanan imigrasi di bandara.

Ia juga membagikan foto yang menunjukkan antrean panjang di bandara imbas dari gangguan PDN yang berdampak pada sistem keimigrasian.

Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM dalam unggahan di akun resmi Ditjen Imigrasi di media sosial X menyatakan, server PDN mengalami gangguan dan berdampak pada seluruh layanan keimigrasian.

"Server Pusat Data Nasional (PDN) sedang mengalami gangguan pada hari ini. Hal tersebut berdampak pada seluruh layanan keimigrasian," tulis Ditjen Imigrasi dalam unggahan X-nya, dikutip Tribunnews pada Kamis (20/06/2024).

Baca juga: Gangguan di Pusat Data Nasional Macetkan Layanan Imigrasi di Bandara

Ditjen Imigrasi menyatakan akan segera menginformasikan kembali apabila sistem telah beroperasi dengan normal.

"Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Terima kasih," tulis mereka kembali.

Layanan imigrasi bandara macet OK
Antrean panjang penumpang terjadi di loket imigrasi Bandara Soekarno-Hatta, Banten, akibat gangguan Pusat Data Nasional (PDN) di Kementerian Kominfo, Kamis, 20 Juni 2024.

Diketahui, PDN adalah fasilitas sistem elektronik dan komponen lain untuk menyimpan, menempatkan, mengolah, dan memulihkan data. Fasilitas ini berada di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Dikonfirmasi terpisah, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi membenarkan bahwa memang tengah terjadi gangguan pada PDN.

Baca juga: BREAKING NEWS Gangguan PDN Kominfo Berdampak ke Layanan Imigrasi: Penumpang Agar Datang Lebih Awal

"Memang betul bahwa sedang terjadi gangguan pada Pusat Data Nasional yang berdampak pada beberapa layanan publik," katanya.

Ia memastikan saat ini pihaknya sedang melakukan pemulihan layanan secara bertahap.

"Saya pastikan saat ini tim sedang bekerja secara optimal untuk mempercepat pemulihan," tergasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat