androidvodic.com

7 Destinasi Wisata Baru di Yogyakarta yang Tak Boleh Dilewatkan - News

Laporan Reporter Tribun Jogja, Hamim Thohari

News, YOGYAKARTA - Yogyakarta tak hanya terkenal dengan wisata budayanya saja, tetapi juga wisata alamnya yang luar biasa indah.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta tentunya ingin mengunjungi beberapa macam tempat wisata yang ada disini.

Edwin Ismedi Himna, Ketua Asita (Association of the Indonesia Tours and Travel Agencies) atau Ikatan agen tour dan perjalanan Indonesia, DIY, meng­atakan, paket tour Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Keraton Yogyakarta masih menjadi paket wisata yang paling banyak dipilih pelancong yang datang ke Yogyakarta.

Namun, tak hanya ketiga tempat itu yang masuk dalam daftar paket wisata ya­ng ditawarkan oleh travel agent di Yogya­karta.

Air terjun
Air terjun Jurang Pulosari, lokasi wisata yang populer karena ramai dibicarakan di sosial media. (Tribun Jogja/Hamim)

"Saat ini wisata sunset di Candi Ratu Boko sudah menjadi salah tujuan dari paket­ wisata yang ditawarkan. Lalu ada pula t­our di Kotagede, dimana para wisatawan akan dikenalkan dengan mengenai sejarah dan juga hasil kerajinannya yang terkenal, yaitu kerajinan perak," kata Edwin.

Edwin juga menuturkan, saat ini wisatawan juga bisa mengunjungi Candi Ratu Boko dari Candi Prambanan.

Pihak tempat wisata Candi Prambanan akan menyiapkan sebuah kendaraan yang akan membawa wisatawan ke Candi Boko.

Hal ini dilakukan karena jarak antara Candi Prambanan dan Candi Boko tidak terlalu jauh, yaitu dapat ditempuh dalam waktu hanya sekitar 30 menit s­aja.

Lalu selain wisata budaya ke candi atau museum, kata Edwin, beberapa travel agent juga menyediakan paket wisata ke beberapa pantai di Gunungkidul, Gua Pindul, Gunung Api Purba Ngglangeran, dan juga Lava Tour Gunung Merapi.

"Namun untuk bisa sampai di tempat wisata alam ini, wisatawan harus memakai kendaraan pribadi. Kendaraan pribadi ini bisa didapatkan di tempat rental atau tempat hotel mereka menginap. Tetapi bagi yan­g menggunakan jasa travel agent, biasanya pihak travel agent sudah menyediakan akomodasi bagi wisatawan," ujar Edwin.

Sementara itu, desa wisata yang ada di Yogyakarta juga bisa menjadi daya tarik lain bagi para wisatawan untuk datang berkunjung.

Desa Wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan antara lain Desa Wisata Tembi yang terletak di selatan kota Yogyakarta, Desa Wisata Kasongan yang terletak di Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, berjarak 6 km dari Kota Yogyakarta.

Desa Wisata Tanjung yang terletak di 5 km utara Monumen Jogja Kembali (Monjali), dan masih banyak lagi desa wisata lain yang belum dieksplorasi.

"Bersepeda di desa sekitar Candi Prambanan juga sedang menjadi alternatif pilihan wisatawan. Alamnya yang masih sejuk dan asri menjadi alasan bagi para wisatawan memilih berkeliling dengan sepeda di sekitar Prambanan," ujar Edwin.

Edwin pun menyarankan bagi para wisatawan yang ingin berwisata ke Yogyakarta dan menggunakan jasa travel agent, sebaikny­a pilih travel agent yang merupakan anggota Asita.

Sebab kualitasnya bisa dipertanggungjawabkan.

Lalu bagi free traveler atau backpacker yang ingin menggunakan tour guide, gunakanlah tour guide yang telah memiliki lisensi dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI).

"Namun yang paling penting jika ingin bepergian ke sebuah tempat atau daerah, sebaiknya terlebih dahulu cari informasi sebanyak-banyaknya agar tidak bingung begitu sampai di tempat tujuan," tutur Edwin. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat