androidvodic.com

Bali Surganya Kuliner Tradisional Nikmat, dari Sate Lilit dan Lawar Sampai Bebek Betutu - News

News, JAKARTA - Siapa tak kenal dengan Pulau Dewata, Bali. Selain memiliki pesona keindahan alam dan budaya yang luar biasa, Bali juga punya kekayaan kuliner tradisional yang menggugah selera.

Di kalangan pecinta dunia kuliner, masakan Bali dikenal paling rumit di dunia. Ini karena masakan khas Bali membutuhkan bahan-bahan segar serta bermacam rempah.

Paduan bahan-bahan ini akan mampu menghasilkan rasa yang kompleks, serta komitmen dalam persiapan dan proses memasaknya.

Di antara daerah-daerah lain di Indonesia, Bali memiliki identitas sendiri dan berbeda karena pengaruh dari agama Hindu.

Hal inilah yang menyebabkan masakan Bali pun berbeda dengan ragam kuliner Nusantara lainnya.

Baca juga: Pecenongan dan 6 Tempat Kuliner Malam di Jakarta yang Legendaris

Terkait dengan penyelenggaraan upacara keagamaan, masyarakat Bali membutuhkan hidangan khusus sebagai persembahan untuk para dewa dan dikonsumsi secara bersama-sama selama perayaan.

Baca juga: 7 Kuliner yang Sering Muncul dalam Adegan Drama Korea, Termasuk Bibimbap

Secara mendasar penduduk setempat terbiasa menghidangkan makanan dengan basa gede atau bumbu Bali yang pedas sehingga rasa masakan menjadi unik.

Baca juga: 7 Kuliner Malam di Palembang, Wajib Coba Mie Celor 26 hingga Martabak HAR

Bumbu merupakan hasil racikan dari bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas, ketumbar, kemiri, cabai, serai dan ebi.

Basa gede sedikit mirip dengan pasta kari dari Thailand, bumbu dasar ini pun dapat diaplikasikan untuk berbagai jenis makanan.

Uniknya, tak ada satu pun penyedap rasa yang ditambahkan. Basa gede murni memadukan rempah-rempah yang dapat menggoda lidah masyarakat lokal, wisatawan dari seluruh Indonesia, hingga turis mancanegara.

Bahan bumbu dan makanan diperoleh dari daerah setempat, serta dipilih secara spesifik demi mencapai rasa tertentu.

Berikut ini beberapa hidangan khas Pulau Bali yang dapat ditemukan dengan mudah di banyak resto di sekitar tujuan wisatanya.

Sudah banyak pula berbagai kegiatan MICE (Meetings Incentives Conferences and Exhibitions) memasukkan menu makanan tradisional khas Bali dalam rangkaian sajian hidangannya.

Ayam atau Bebek Betutu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat